Kantor Departeman Agama Kota Balikpapan :

Jatah Haji Balikpapan Berkurang 9 seat
* Akibat sejumlah Calhaj tidak lunasi BPIH sampai penutupan pelunasan 17 Juli 2007

Balikpapan, Tribun – Jatah keberangkatan haji Kota Balikpapan pada tahun ini berkurang 9 seat.
Dari kuota 491 seat yang ditetapkan pemerintah pusat hanya terealisasi 482 seat. Kehilangan jatah haji pada musim haji tahun ini tidak bisa digantikan dengan calhaj lain yang masuk dalam daftar tunggu. Banyak hal yang mengakibatkan penyusutan jatah haji tersebut.
Kepala seksi penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan Jailani mengatakan, berkurangnya jatah bagi calon jamaah haji Balikpapan disebabkan 9 calon jamaah haji tidak melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) ke bank penerima setoran haji hingga batas pelunasan haji 17 Juli 2007.
“Sebanyak sembilan calon jamaah menyatakan mundur dari keberangkatan tahu ini dan akan mengikuti keberangkatan haji tahun berikutnya. sehingga mereka tak melunasi BPIH-nya. Beberapa alasan calon jamaah mundur yaitu sakit dan istri tak ikut berangkat bersama tahun ini,” terangnya saat ditemui di kantornya, Rabu (18/7).
Sebenarnya potensi kehilangan jatah haji Balikpapan lebih banyak lagi. Hal itu terkait pada penutupan tahap pertama 5 Juli 2007 lalu terdapat 33 calon jamaah yang namanya belum masuk ke siskohat. Karena belum lunasi ongkos ibadah haji dan kesalahan teknis pengisian formulir pendaftaran ibadah haji oleh pendaftar. 33 seat haji itu akhirnya bisa didapatkan kembali semenjak keputusan Departemen Agama RI yang memperpanjang pelunasan BPIH sampai 17 Juli 2007 dan perbaikan data ke kanwil Depag Kanwil. BPIH Balikpapan tahun ini sebesar USD 3.053,6. Balikpapan masuk zona III bersama Banjarmasin dan Makassar.
“Sembilan porsi haji tersebut otomatis masuk ke porsi nasional. Kami tah tahu bagaimana mekanisme memperoleh porsi itu karena dalam mekanismenya ditentukan Depag Pusat. Kami menuggu keputusan dari kanwil tentang berapa porsi haji tambahan yang bisa diperoleh dari porsi nasional,” terangnya.
Jatah haji Balikpapan tahun ini lebih rendah dari realisasi kuota haji tahun lalu. Pada tahun 2006, Balikpapan memperoleh porsi 495 seat. Jumlah itu terdiri dari 491 kuota haji, tambahan porsi dari pusat sebanyak 7 seat dikurangi mundurnya 3 calon jamaah haji. Penetapan jatah haji Balikpapan setiap tahun 491 seat berdasarkan SK Gubernur nomor 451.14/K.171.2006.
Saat ini 482 calon jamaah haji yang telah melunasi BPIH tengah menjalani bimbingan manasik yang berlangsung sampai 9 September 2007. Seluruh calhaj diajarkan tentang panduan perjalanan ibadah haji, dan tata cara pelaksanaan haji di tanah suci. Selesai manasik haji nantinya akan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan tahap kedua dan vaksinasi meningitis. Keberangkatan calhaj Balikpapan akan didampingi tim TPHI, TPHD, TPIHI, dan TKHI dan melayani panduan dan pelayanan kesehatan bagi jamaah selama berada melakukan ibadah haji .
Jailani menerangkan, Depag Kota Balikpapan saat ini tengah mengupayakan tambahan porsi dari sisa porsi kosong yang berada di Departeman Agama RI yang mencapai 5.000 seat. Perebutan porsi tambahan ini melalui kordinasi Knnwil Depag Kaltim yang melobi ke pusat.
482 calon jamaah Balikpapan ini akan dibagi dalam 44 regu. Sebanyak 325 calhaj akan membentuk satu kloter asal Balikpapan. Sedangkan sisanya akan digabung dengan daerah lain yang masuk ZOna III yaitu Makassar atau Banjarmasin. Penggabungan kloter itu ditentukan pusat.
Adanya pembajahan porsi haji ini mengakibatkan daftar tunggu haji yang diberangkatkan pada tahun berikutnya membengkak mencapai 2.000 orang. Kalau menerapkan jatah tetap tiap tahun 491 seat maka akan habis tahun 2012. Mereka yang masuk daftar tunggu adalah yang telah melunasi uang muka pada bank penerima setoran haji minimal Rp 20 juta. Bakal calon jamaah haji yang masuk daftar keberangkatan tahun berikut adalah penabung haji sejak tahun 2005-2007.(rid)

Komposisi Keberangkatan Haji Balikpapan tahun 2007
Kuota : 491 seat
Mengundurkan diri : 9 calhaj
Yang siap berangkat : 482 seat
Daftar tunggu tahun berikutnya : 2.000 orang.
Bank Penerima setoran haji di Balikpapan : BNI, Mandiri, Syariah Mandiri, BRI, Bank Muamalat, BPD, BTN dan Bukopin.(rid)

BANDARA

28 jamaah Umrah diberangkatkan

* mengunakan Pesawat Garuda dari sepinggan

Senbayak 28 jamaah umrah Kalimantan timur (kaltim) diberangkatkan melauli bandara sepinggan balikpapan rabu (18/7). Calon jamaah umra beral dari berbagai kota di kaltim. Para pengantar rombonagan umrah tak patah emangat meski cuapat Balikpaan hujan.

Dalam rombongan wimewat terdapat ketua DPRD HM mardikansyah dan wakilnya yang bersangkat bersama istrinya.

Rombongan diketuia drs Djamaluddin marola.

“pemberangkatan ini merupaan yang keempat selama 2007. Dan rencananya 21 Agustus 2007 kami akan berangkatan jamah umarah lagi, kata staf umrah dan haji khusus PT Asia permaa wisata Hj Noor Aida.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: