Excelso Tawarkan Waralaba

Excelso Multi Rasa, yang dikenal lewat bisnis Cafe Excelso-nya, kini mengembangkan pasarnya sebagai perusahaan waralaba. Penawaran brand Excelso dimulai pada akhir tahun ini. Dengan menawarkan konsep waralaba, menurut General Manager PT Exelso Multi Rasa Pranoto Soenarto di Tokyo, Selasa (31/7), diharapkan penetrasi Excelso di tanah air bisa semakin kuat.

“Ini sejalan dengan target kami untuk go international,” katanya saat mengunjungi pameran kopi internasional di Tokyo yang diikuti 81 perusahaan yang terkait dengan industri kopi dunia. Namun ia belum bisa menjelaskan langkah-langkah persiapan yang akan dilakukan perusahaan yang bermarkas di Surabaya itu, termasuk daerah mana yang akan diberi piroritas lebih dulu. Ketika ditanya bahwa kebijakan bisnis itu bisa dianggap menyaingi Starbuck Coffee, Pranoto dengan diplomatis mengatakan biarlah waktu yang membuktikannya.

“Yang jelas kita serius untuk mengembangkan pasar ke luar negeri,” ujarnya. Indonesia saat ini merupakan surga bagi bisnis waralaba, tidak hanya waralaba lokal, tetapi juga mendapat serbuan waralaba internasional sejak 1979 dengan masuknya KFC. Lebih jauh ia menerangkan, bisnis perusahaannya merencanakan untuk merambah ke Malaysia, Brunei Darussalam dan juga negara-negara Timur Tengah.

Sama seperti produk Kapal Api lainnya yang telah lebih dulu dikenal di negara-negara tersebut. Saat ini anak perusahaan Grup Kapal Api itu, telah memiliki gerai kopi di hampir seluruh kota di Indonesia. Excelso bahkan hadir di luar negeri, seperti di Beijing, Cina (1998), Taiwan (2000).

Di negara tersebut terdapat masing-masing dua gerai Excelso. Kemudian satu di Shanghai. (ant) .

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: