Hari Ini 251 Mahasiswa Tridharma Diwisuda

* Wisudawan didominasi lulusan FKIP

Balikpapan, Tribun – Hari ini Sabtu (8/9) sebanyak 251 mahasiswa Universitas Tridharma diwisuda
pada pengukuhan Wisudawan Wisudawati Sarjana S1 Universitas Tridharma ke-28 di Grand Ball Room Novotel Balikpapan. Lulusan yang dikukuhkan sebagai sarjama berasal dari Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomi, Fakultasi ilmu sosial dan ilmu politik (Fisipol) , Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Program studi Matematika dan Biologi. Pengukuhan gelar sarjana perguruan tinggi tersebut didominasi lulusan FKIP.
Persiapan pengukuhan gelar sarjana diawali Gladi Resik yang digelar Jumat (7/9). Saat itu seluruh mahasiswa yang akan diwisuda memperoleh pengarahan dan simulasi prosesi wisuda.  Panitia penyelenggaraan wisuda Syarifuddin Odang mengatakan, simulasi  wisuda itu memperagakan prosesi kegiatan pengukuhan mahasiswa sesuai dengan agenda yang disebarkan pada undangan. Agenda wisuda tersebut meliputi laporan rektor, prosesi wisuda dan sambutan kepala yayasan dan tokoh akademik lain. Dijadwalkan wisuda akan dihadiri  Kordinator kopertis wilayah XI Kalimantan Dra Sudarmi, Walikota Balikpapan Imdaad Hamid, dan Pangdam VI/Tpr Mayjen GR Situmeang. Wisuda akan digelar mulai jam 8.
Pelaksanaan wisuda ke-28 kali ini mencetak paling banyak lulusan FKIP. Dari 251 lulusan yang akan diwisuda, 85 wisudawan diantaranya berasal dari  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Jurusan MIPA) Program studi Matematika dan Biologi. Sisanya adalah   63 wisudawan dari Fakultas Hukum, 13 lulusan dari Fakultas Teknik, 58 lulusan dari Fakultas Ekonomi, 32 lulusan dari Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP).
Ketua Yayasan Pendidikan Miliana pemilik Universitas Tridharma Hj Soedarmi Aisyah mengatakan, pelaksanaan wisuda 251 lulusan Tridharma merupakan wujud komitmen partisipasi perguruan tinggi dalam bidang pendidikan dengan mencetak sumber daya manusia yang siap pakai untuk kesuksesan pembangunan di daerah.
“Sebagai perintis perguruan tinggi di Kaltim, kami mencetak  mutu sumber daya manusia dengan semaksimal mungkin meningkatkan kualitas lulusan,” jelasnya ketika ditemui menjelang gladi resik di Hotel Novotel Balikpapan, Jumat (7/9).
Rektor Universitas Tridharma Drs  Achmad Bunnasa MM MH menerangkan, Universitas yang berdiri 28 Februari 1978 telah terakreditasi Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah mencetak ratusan mahasiswa yang sebagian besar terserap di dunia kerja. Dengan pengukuhan 251 wisudawan baru ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja serta meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam berbagai sektor pembangunan. “Kami tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada pembangunan dalam hal pengembangan sumber daya manusia,” terangnya.
Achmad Bunnasa membenarkan lulusan terbanyak berasal dari FKIP diharapkan memenuhi kebutuhan kualitas guru bergelar S1 yang bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan dunia pendidikan.
Panitia pelaksana Wisuda Universitas Tridharma  Syarifuddin Odang mengatakan, untuk menjamin kelancaran proses wisuda, seluruh calon wisudawan menjalani gladi resik yang melatih pragaan proses wisuda. Simulasi wisuda itu mulai dari persiapan prosesi, pengukuhan sarjana dan agenda lain.
Pelaksanaan wisuda akan dipimpin langsung rektor Universitas Tridharma Drs  Achmad Bunnasa MM MH didampingi  Pembantu Rektor I Drs Kuswadi, Pembantu Rektor II Ir Sutadiantara, Pembantu Rektor III Ir Riseptridarma. Turut hadir Dekan 5 fakultas yaitu Dekan fakultas hukum Andi Mansyur Fakir SH MM, Dekan Teknik Risep Tridarma, Dekan Ekonomi Dra Farida Mallu MM, Dekan Fisip Drs Syarifuddin Odang dan Dekan FKIP Surata Spd. Acara dilanutkan sambutan dan ramah tamah antara civitas akademik dan kalangan rektorat. Pengukuhan wisudawan Perguruan Tinggi tersebut diisi  pidato ilmiah oleh Prof Drs Nambah F Hartimbul Bintang SH MM mengangkat sumber daya manusia (SDM) dalam pembagnunan partisipasi dan good governance (sautu dampak dalam otonomi daerah).(rid)

5 Wisudawan  Raih IPK Tertinggi
Balikpapan, Tribun – Lima lulusan Universitas Tridharma yang akan diwisuda Sabtu (8/9)  meraih predikat cumlaude dan sangat memuaskan berkat keberhasilan meraih indeks prestasi tertinggi dan terbaik. Dari lima lulusan terbaik tersebut, dua lulusan meraih predikat cumlaude dan tiga meraih predikat sangat memuaskan.
Wisudawan dengan indeks pretasi terbaik itu diraih Pajrinur lulusan Fakultas Hukum, Sunyoto luulsan Fakultas Teknik, Ivarida lulusan Fakultas Ekonomi, Siti Marhayati lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Sutarman lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Pajrinur meraih predikat Cumlaude dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,64. Ivarida menyabet predikat Cumlaude dengan IPK 3,64. Sunyoto meraih predikat sangat memuaskan atas IPK 3,15 yang diraihnya, Siti Marhayati  meraih predikat sangat memuaskan dengan IPK 3,2. Sutarman memperoleh predikat sangat memuaskan dengan IPK 3,28.
Pada pelaksanan Wisuda hari ini (8/9) mengukuhkan 251 lulusan Universitas Truidharma yang rata-rata telah menempuh pendidikan 4-5 tahun dengan pencapaian SKS antara 140-160 SKS.
Rektor Universitas Tridharma Drs  Achmad Bunnasa MM MH menyatakan, pengukuhan wisudawan angkatan ke-28 ini merupakan wujud komitmen perguruan tinggi tersebut untuk mengembangkan sumber daya manusia yang dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja serta meningkatkan mutu sumber daya manusia.
Ketua Yayasan Pendidikan Miliana pemilik Universitas Tridharma Hj Soedarmi Aisyah menerangkan, untuk memenuhi kebutuhan pendidikan pada sektor pembangunan, perguruan tinggi telah membuka tambahan program studi pada Fakultas FKIP yaitu jurusan Bahasa Ingris, Bahasa Indonesia, Olahraga, Perawat dan Akta IV Keguruan. Selama ini FKIP memiliki program studi  Biologi dan Matematika.(rid)

5 Wisudawan Terbaik Raih Penghargaan
Balikpapan, Tribun – Pelaksanaan wisuda sarjana angkatan XXVII Universitas Tridharma Balikpapan berlangsung khidmat di Hotel Novotel Balikpapan, Sabtu (8/9). Mengenakan toga dan jubah, wisudawan dan wisudawati dikukuhkan sebagai sarjana oleh  Rektor Universitas Tridharma Drs  Achmad Bunnasa MM MH. Pada prosesi pengukuhan sarjana tersebut diumumkan lima lulusan terbaik dari Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Keguruan dan Pendidikan (FKIP). Prosesi pengukuhan diawali pembukaan Rapat senat terbuka universitas Tridarhama Wisuda sarjana Angkatan XXVIII tahun 2007. Hadir Guru besar Universitas Tridharma Prof Dr Sulaeman Sukmalana SE MM, wakil Walikota Rizal Effendi dan jajaran muspida Balikpapan.
Achmad Bunnasa menyerahkan penghargaan pada lima peraih prestasi terbaik yang terdiri dari  dua peraih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) berpredikat cumlaude dan tiga peraih berpredikat sangat memuaskan. Wisudawan yang meraih predikat cumlaude diraih Fajrinur wisudawan fakultas Hukum dengan IPK 3,64 dan Ivarida fakultas Ekonomi dengan IPK 3,64. Pengukuhan Wisudawan/i  Universitas Tridharma megnakat tema dalam rangka wisuda sarjana universitas Tridarma Balikpapan kita tingkatkan perhatian dan peran serta warga Kota Blaikpapan dalam menyambyut kota vokasi dan kota hijau lestari. Pelaksanaan wisuda mencetak 285 lulusan  terdiri dari  65 lulusan Fakultas Hukum, 18 lulusan Fakultas teknik, 85 lulusan Fakultas ekonomi, 30 lulusan Fisip, 87 lulusan FKIP.
Dalam sambutannya, Rektor Universitas Tridharma Drs  Achmad Bunnasa MM MH mengatakan, kondisi perekonomian terpuruk pasca  krisis ekonomi yang sampai saat ini belum mereda yang menimbulkan  masalah kemiskinan merupakan tantangan bagi para sarjana termasuk wisudawan untuk memberikan sumbangsih bagi perbaikan hidup masyarakat. Achmad Bunnasa berpesan agar seluruh wisudawan mengamalkan semua ilmu yang diperoleh dari pendidikan di tengah masyarakat sesuai bidang pekerjaan  masing-masing. karena sebagian besar wisudawan wisudawati  sudah bekerja. Sasaran prioritas yang dilaksanakan civitas akademika Universitas Tridharma dalam peningkatan mutu sumber daya manusia adalah peningkatan kualitas mutu kurikulum dan silabus, menambah jumlah tenaga pengjar, melengkapi sarana dan prasarana, dan penciptaan kuliah yang intensif dan inovatif.
Ketua Yayasan Pendidikan Miliana pemilik Universitas Tridharma Hj Soedarmi Aisyah yakin, persaingan tenaga kerja yang semakin ketat menuntut sumber daya manusia berkualitas. Lulusan universitas Tridharma diyakininya mampu bersaing dalam dunia kerja. Seiring kemampuan intelektual dan berpikir ilmiah yang diperoleh dari perguruan tinggi tersebut disertai pengalaman kerja  yang diperoleh di tempat kerja masing-masing wisudawan.
Rusliadi Kabag Akademik dari Kopertis XI Kalimantan  menerangkan,   permasalahan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang semakin pelik seiring dinamika pembangunan menuntut ketersediaan sumber daya manusia berkualitas. Pendidikan  merupakan wahana strategis untuk mencetak sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi. Universitas Tridharma dinilai turut berperan meningkatkan mutu dan meningkatkan relevansi pemenuhan kebutuhan dunia industri dan tenaga kerja.
Sutarman Spd, seorang perwakilan lulusan terbaik mewakili seluruh wisudawan menyatakan, siap mengemban amanah untuk mengamalkan ilmu di dunia kerja sesuai bidang pekerjaan masing-masing wisadawan. Wisudawan Universitas Tridharma bertekad untuk membuka jalan menuju perbaikan kehidupan masyarakat melalui pekerjaan yang mereka tekuni. Selain itu, wisudawan yang dikukuhkan saat ini siap mengisi pembangunan di Balikpapan t ermasuk mendukung pencanangan Balikpapan sebagai kota vokasi (kejuruan),hijau dan kota sehat. Pada kesempatan itu, lulusan menyatakan terima kasih pada seluruh civitas akademika Tridharma yang sealam ini membantu keberhasilan pencapai penyelesaian pendidikan.
Wakil Walikota Balikpapan Rizal Effendi menerangkan,  pencetakan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam pembangunan adalah yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. Oleh karena itu dia berpesan agar wisudawan benar-benar menerapkan ilmu yang berguna bagi masyarakat.
Pelaksanaan wisuda diwarnai  penyampaian pidato  Ilmiah yang disampaikan Prof Drs Nembah F Hartimbul Ginting SH MM yang mengangkat makalah berjudul   Sumber daya manusia dalam pembangunan partisipasi dan good governance (suatu dampak dalam otonomi daerah). Dalam makalahnya, Nembah menilai modernisasi pembangunan banyak dipengaruhi oleh tekanan modal asing yang mendikte perekonomian indonesia. Penggeseran kepentingan masyarakat lokal disebabkan ketergantungan pada kekuatan modal asing membuat indonesia terjebak hutang..  Akibatnya kebijakan pemerintah lebih  berpihak pada sekelompok kecil pengusaha yang mengabaikan kepentingan masyarakat lokal sekitar.  Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, maka konsep pembangunan terbaik adalah melalui peningkatan mutu sumber dana manusia.  Di Kota besar membutuhkan tenaga kerja yang memiliki ijazah legal formal. Tapi untuk daerah dibutuhkan tenaga kerja terampil yang tidak butuh ijazah tapi kemampuan mengelola sumber daya alam daerah. Untuk mendukung konsep itu membutuhkan pola kebijakan pembangunan partisipatif yang mengutamakan kebutuhan masyarakat dan peningkatan mutu sumber daya manusia daerah yang memerlukan dukungan  political will pemerintah, dekungan finansial dan pemerataan pendidikan.(rid)

Daftar Peraih Prestasi Terbaik penerima penghargaan dari Rektora Universitas Tridarma

Nama            Fakultas        IPK        Predikat
Pajrinur        Hukum        3,64        Cumlaude
Ivarida            Ekonomi        3,64        Cumlaude
Sunyoto        Teknik            3,15        Sangat Memuaskan
Siti Marhayati        FISIP            3,2        Sangat Memuaskan
Sutarman        FKIP            3,28        Sangat Memuaskan.(rid)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: