Masa Kerja Lebih dari Satu Tahun Berhak THR Satu Bulan Upah

Suryo H Sarmo :  Pengusaha Wajib Bayar THR paling lambat 7 hari sebelum Lebaran

Balikpapan, Tribun – Pekerja perusahaan swasta yang memiliki masa kerja satu tahun atau lebih  berhak atas  tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 1428 Hijriah yang besarannya satu bulan upah. Ketentuan jaminan perolehan THR bagi pekerja swasta itu berlaku menyusul penetapan ketentuan THR yang dikeluarkan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Balikpapan.
Kepala Dinas Disnaker Drs Suryo H Sarmo MM mengatakan, pemberlakuan THR itu sudah dikirimkan kepada perusahaan swasta yang beroperasi di Balikpapan sejak tiga hari lalu. Perhitungan mengenai besaran upah itu berdasrakan peraturan menteri tenaga kerja nomor PER.04/MEN/1994.  Berlaku perhitungan tertentu atas THR sektor swasta itu yang dihitung berdasarkan masa kerja.
“Menurut peraturan, yang sudah bekerja satu tahun atau lebih maka  berhak atas THR satu bulan upah.  Bagi pekerja yang bekerja kurang dari 12 bulan tapi  masa kerja  tiga bulan lewat diberikan THR secara proporsional,” katanya, Jumat (21/9).
Perhitungan THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 3 bulan tapi kurang dari 12 bulan dihitung dengan menghitung masa kerja dibagi 12 bulan yang dikalikan satu bulan upah. Dasar acuan upah satu bulan adalah upah pokok ditambah tunjangan tetap. Nilai tunjangan tetap merupakan imbalan yang diterima oleh pekerja secara tetap jumlahnya dan teratur pembayarannya yang tidak dikaitkan dengan kehadiran atau pencapai prestasi kerja tertentu.  Bagi perusahaan swasta yang belum memiliki perhitungan resmi tentang upah pokok dan tunjangan tetap maka diettapkan berdasarkan standar upah minimum Kota Balikpapan (UMK).
“Kewajiban membayar THR ini merupakan ketentuan normatif yang merupakan bagian insentif  perusahaan kepada karyawannya. Perusahan wajib membayar THR selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya,” jelasnya.
Suryo H Sarmo menerangkan, pembayaran THR itu tidak hanya diperuntukkan bagi pekerja yang beragama islam. Karyawan yang memeluk agama lain juga bisa meminta  percepatan pembayaran THR hari raya yang pembayarannya bersamaan dengan pembayaran THR Lebaran. sehingga pada hari keagamaan lain, pekerja yang bersangkutan tidak lagi menerima THR lagi.  Tapi kebijakan pembayaran THR kepada pekerja agama lain diserahkan pada kewenangan pihak perusahaan.
hal lain yang telah diterapkan Disnaker Kota menyambut pemberlakuan THR itu adalah kordinasi dengan asosiasi perusahaan indonesia (Apindo) Kota Balikpapan. Dari pertemuan beberapa hari lalu disepakati komitmen pengusaha yang tergabung Apindi untuk membayar THR diatas gaji pokok khusus bagi perusahaan yang memiki keuangan yang mapan.(rid)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: