Bukopin Tambah Dua Swamitra Baru

> Di KM 4 dan Samboja

Balikpapan, Tribun – Perluasan jaringan dengan lebih menyentuh pada pelaku usaha di masyarakat melalui Swamitra, menjadi kiat tersendiri bagi Bank Bukopin Balikpapan untuk merangkul nasabah maupun debitor. Sukses dengan lima Swamitra, Bank Bukopin kembali meresmikan dua Swamitra baru dan akan beroperasi mulai bulan ini juga.
“Kami baru saja meresmikan dua Swamitra baru lagi kemarin. Satu unit terletak di Km 4 Jl Sukarno Hatta, yakni Swamitra Koperasi Karyawan Bukopin (KKB) dan satunya di Samboja, Swamitra Tri Jaya Utama yang letaknya tepat di depan kantor kelurahan sungai Suang,” kata Pemimpin Cabang Bank Bukopin Balikpapan, Bharata Noegraha di ruang kerjanya, Rabu (13/6).
Praktis jumlah Swamitra yang dikembangkan Bank Bukopin bersama koperasi dan kalangan usaha kini telah mencapai tujuh unit tersebar di beberapa kawasan perbelanjaan dan pemukiman padat penduduk. Masyarakat Km 4 dan Samboja yang ingin menikmati layanan simpan pinjam layaknya di Perbankan bisa langsung mendatangi Swamitra Bank Bukopin terdekat. “Target kita sampai akhir 2007 ini, akan mengembangkan sedikitnya tiga Swamitra baru lagi. Saat ini sedang proses. Sasarannya kemungkinan sampai ke kawasan pesisir. Karena di sana memiliki prospek yang cukup bagus,” ujar Bharata.
Bergabung menjadi Swamitra Bank Bukopin, kata Bharata tidaklah terlalu sulit. Dengan modal setor Rp 100 juta dan modal awal Rp 50 juta, sebuah koperasi bisa menjadi Swamitra Bank Bukopin. Sebab nantinya Bank Bukopin juga akan memberikan tambahan modal hingga Rp 500 juta. Sedangkan untuk mendirikan koperasi, biayanya bisa berasal dari investor atau pengusaha tertentu.
“Misi kita membantu pengusaha mikro. Dengan Swamitra, pengusaha mikro kecil bisa melakukan transaksi Perbankan seperti tabungan maupun simpan pinjam. Untuk pinjaman, range-nya mulai Rp 500.000 hingga Rp 50 juta. Karena jumlah di atasnya, langsung ditangani oleh Bukopin,” ungkap Bharata.
Hal menarik lainnya, pelayanan Swamitra Bank Bukopin menggunakan sistem realtime online dengan Bank Bukopin dan 488 Swamitra di seluruh Indonesia termasuk 17 Swamitra di Kaltim. “Pengusaha yang sedang bepergian dan kebetulan memiliki dana di Swamitra, dapat melakukan transaksi di Swamitra manapun,” ujar Bharata. (sar)

Produk Swamitra :
> Simpanan Swamitra
> Simpanan berjangka Swamitra
> Pinjaman modal kerja
> Pinjaman Investasi (sar)

Swamitra Bank Bukopin :
> KUD Akbar di Kampung Baru
> Swamitra Bina Usaha di Pandan Sari
> Swamitra Karya Mina di Pasar Baru
> Swamitra Usaha Bersama di Pasar Damai
> Swamitra Aspin di Sepinggan
> Swamitra KKB di Km 4
> Swamitra Trijaya Utama di Samboja. (sar)

Lirik Usaha Syariah

SWAMITRA yang telah terbangun hingga kini masih merupakan Swamitra berbentuk konvensional. Namun dengan berkembangnya berbagai usaha Perbankan bentuk Syariah, Bank Bukopin Balikpapan mengaku juga mulai melirik Swamitra Syariah. “Kami juga berencana membuka Swamitra Syariah. Karena yang ada saat ini baru Swamitra konvensional,” kata Pemimpin Cabang Bank Bukopin Balikpapan, Bharata Noegraha, Rabu (13/6).
Alasannya? “Kita ingin merangkul seluruh lapisan masyarakat, baik di kalangan pedagang kecil, pengusaha mikro juga masyarakat umum lainnya. Dari berbagai lapisan masyarakat itu, tentu ada yang tak menyukai bentuk konvensional dan lebih memilik syariah. Sehingga kami juga akan menyiapkan yang syariah,” ujar Bharata.
Menurut dia, saat ini baru Samarinda yang mengembangkan Swamitra Syariah. Jumlahnya dua unit. Sementara di Balikpapan belum ada. “Rencananya kami akan mendirikan satu unit dulu. Tapi soal kapan dan dimana, masih dalam proses,” ujar Bharata. (sar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: