* Kartu Anggota Sekaligus ATM

* Kartu Anggota Sekaligus ATM
Muamalat-Syaichona Cholil Jalin Kerjasama

Balikpapan, Tribun – Bank Muamalat dengan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Syaichona Cholil (SC) menjalin kerjasama pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang merangkap fungsi menjadi tabungan dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Prosesi penandatangan kerjasama dilakukan oleh Business Manager Bank Muamalat Cabang Balikpapan, Indra Azhari dan KH M Ali Cholil, Ketua koperasi SC di Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan, Kamis (14/6).
“Tahap awal, lingkup kerjasama difokuskan pada pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) bagi seluruh warga dan simpatisan Koperasi SC yang tersebar di seluruh nusantara melalui mekanisme Kartu Shar-E co-Branding,” kata Indra.
Menurut Indra, pola kerjasama kemitraan ditawarkan dalam lima bentuk paket kerjasama bagi pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atau LKM Syariah. Meliputi, LKM/LKMS sebagai penyalur Kartu Shar-E dan memperolah success fee atas setiap penjualannya, sebagai agen isi uang, sebagai agen penyalur pembiayaan mikro, khususnya para anggotanya yang secara nature bisnis profitable, namun tidak dapat mengakses pembiayaan bank serta paket yang terakhir yakni Bank Muamalat memberikan bimbingan, pendampingan dan bantuan konsultatif, dalam upaya pengembangan LKM/LKMS. “Kita juga akan membantu sistem informasi keuangan mereka dengan menyediakan PC yang dilengkapi program keuangan terintegrasi, bahkan memungkinkan untuk on line dengan Bank Muamalat,” ujar Indra.
Dengan Kartu Shar-E co Branding, kata Indra, anggota Ponpes SC seluruh Kalimantan dan simpatisannya tercatat sebagai pemilik kartu tabungan instan syariah yang berbagi hasil dan dijamin pemerintah. Kartu tabungan co Branding Shar-E SC memberikan fasilitas kemudahan tarik tunai gratis di seluruh ATM Bersama dan ATM BCA, serta akses ATM di jaringan Bankcard Malaysia. Kartu Shar-e dapat digunakan juga sebagai kartu Debit untuk berbelanja dengan fasilitas akses debit BCA lebih dari 40.000 merchant di seluruh Indonesia.
Sementara itu, Ketua Kopontren SC KH Syaichona Cholil Balikpapan, KH M Ali Cholil mengaku kerjasama tersebut untuk menyuarakan kepentingan akurasi dan validnya data jumlah anggota Ponpes SC se Kalimantan. Karena KTA yang sekaligus kartu tabungan dan ATM itu bisa diakses hingga ke luar negeri.
“Karena Bank Muamalat juga bekerjasama dengan kantor pos, para anggota Ponpes juga bisa menabung di seluruh kantor pos di Indonesia dan bisa dicairkan di seluruh ATM di Indonesia dan sekitar 2.000 ATM di Malaysia, tanpa dikenakan biaya bulanan,” ujar Ali. (sar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: