Nakhoda Kapal Harus Disertai SD

*Berlaku Mulai 1 April 2007

Balikpapan, Tribun -Departemen Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) baru-baru ini mengeluarkan instruksi pelayaran. Instruksi itu memuat tentang Surat Izin Berlayar terbaru. Surat ijin tersebut berisi tentang Deklarasi Pelayaran (sailing declaration/SD), yang ditanda- tanganai oleh nakhoda pada setiap kapalnya akan berlayar. Surat pernyataan nakhoda yang berupa SD ini berisi tentang kelaik lautan kapal yang didalamnya meliputi mesin, peralatan keselamatan kapal, lambung dan plat kapal. Hal itu dikatakan Kabid Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pelabuhan Semayang Balikpapan, Gajah Rooseno, Jumat (6/4).

Penertiban Surat Ijin Berlayar SD itu disosialisasi Dirjen Hubla kepada seluruh Administrtor Pelabuhan (Adpel ) dan Kanpel se-Indonesia di Jakarta, Senin (26/3). “Keputusan Dirjen Hubla itu diterapkan per 1 April 2007 dan sudah disebarkan ke seluruh pelabuhan di Indonesia. Sehingga dengan adanya SD ini, maka tanggung jawab mengenai segala sesuatu dalam pelayaran tidak hanya ditanggung Kesyahbandaran, melainkan juga ditanggung nakhoda kapal,” jujar Gajah.

Dengan adanya surat yang berisi tentang kelaikan kapal itu itu, terang Gajah, maka petugas Kesyahbandaraan akan menurunkan timnya untuk memeriksa kondisi fisik kapal sebelum berangkat. Pemeriksaan yang akan dilakukan itu meliputi mesin, lambung kapal, kelengkapan kapal dan sebagainya. menurut Gajah, keputusan tersebut diberlakukan karena selama ini Kesyahbandaran

Ditanya tentang keputusan terbaru pemerintah mengenai batasan usia kapal roll on roll off  (roro) yang harus maksimal harus 25 tahun, Gajah mengatakan, untuk sementara ini keputusan itu hanya diberlakukan di pelabuhan tertentu. Kapal yang dimaksud adalah kapal yang intensitas operasinya sangat tinggi, seperti beberapa pelabuhan dan perairan di Jawa. “Untuk sementara ini di Balikpapan belum ada, karena intensitas pelayaran jenis kapal roro disini masih rendah. Tetapi hal itu tidak menutup suatu saat nanti akan diterapkan untuk kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Semayang,” ujarnya.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: