Nilai Ujian Nasional SMA/SMK Telah Tiba

*Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tanggal 16 Juni
*SKHUN Dapat Diterbitkan Sebelum Pengumuman
Balikpapan, Tribun – Nilai Ujian Nasional (UN) SMA/SMK telah diterima Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan dari Disdik Provinsi Sabtu (9/6). Namun, nilai UN untuk SMP belum diterima. Dengan begitu, pengumuman kelulusan SMP yang direncanakan tanggal 16 Juni kemungkinan besar di undur. Sementara, pengumuman SMA/SMK tetap dilaksanakan sesuai jadwal semula yakni 16 Juni.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Balikpapan Darmansyah Mansyur menjelaskan, Disdik Kota mengambil hasil UN itu pada sabtu malam. Kemudian tanpa pengawalan Polisi nilai-nilai itu dibawa dan diletakkan di kantor Disdik yang baru di daerah Ring road. Rencananya, hari ini (Senin, 11/6), nilai-nilai itu akan diberikan kepada sekolah-sekolah. “Setelah coffe mourning di kantor Walikota, saya akan mengumpulkan kepala sekolah SMA dan SMK. Di situ, hasil UN itu akan kami berikan kepada mereka,” kata Darmansyah, Minggu (10/6).

Dengan diterimanya nilai UN, SMA dan SMK dapat melakukan rapat untuk memutuskan kelulusan siswa. Kelulusan siswa tahun ini akan ditentukan tidak hanya dari nilai UN tapi juga hasil Ujian Sekolah (US). Jika siswa tidak lulus UN walaupun nilai UU nya baik, maka siswa itu tidak lulus. Begitu juga sebaliknya. Mekanisme kelulusan sendiri ditentukan oleh sekolah masing-masing, bisa dengan menggunakan surat atau menempelnya di papan pengumuman.

Selain itu, Darmansyah juga mengusulkan agar sekolah-sekolah dapat menerbitkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) sementara yang digunakan untuk mendaftar pada Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). “Kita mencoba untuk bisa melakukan itu, seperti tahun yang lalu. SPMB kan tanggal 19 Juni, waktunya sangat mepet sekali,” ujarnya. Nantinya, SPMB itu dicetak oleh sekolah dan ditandatangani pihak sekolah. Sementara, SPMB yang asli diterbitkan oleh Disdik Provinsi dan juga ditandatangani pihak sekolah.

Sedangkan untuk nilai UN SMP hingga kini ia mengaku belum mendapatkan informasi kapan nilai UN itu akan datang. Saat ini, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) kemungkinan masih memeriksa hasil UN itu. “Saya ngga tahu pasti kapan, kemarin kan rencananya tanggal 10 Juni juga. Kalau seperti ini, pengumuman kelulusan SMP kemungkinan akan diundur,” tuturnya.(m18)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: