Pemkot Balikpapan Anggarkan 200 juta

Balikpapan, Tribun – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menganggarkan dana sekitar Rp. 200 juta untuk Penerimaan Siswa Baru (PSB) dari tingkat SD hingga SMA/SMK tahun ini. Dana itu akan disalurkan kepada sekolah-sekolah untuk membiayai kebutuhan selama PSB.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Balikpapan Darmansyah menjelaskan bahwa seharusnya sekolah memungut biaya sekitar Rp. 4.000- Rp. 7.000 kepada setiap pendaftar. Biaya itu digunakan untuk memperbanyak formulir pendaftaran, pembeliaan map pendaftaran, biaya transpor panitia, komsumsi panitia, fotocopy dan pengumumuman secara berkala.

Namun, dengan adanya anggaran itu sekolah tidak memungut biaya pendaftaran lagi baik kepada pendaftar yang melalui jalur Bina Lingkungan (BL), Warga Miskin (Gakin) dan reguler. Biaya itu hanya berlaku bagi penduduk Balikpapan yang ditunjukkan dengan fotocopy KTP ayah atau ibu dan kartu keluarga pendaftar. “Sedangkan bagi warga dari luar kota Balikpapan, mereka wajib membayar biaya pendaftaran sesuai dengan yang ketentuan yang berlaku,” kata Darmansyah, Senin (19/6). Sesuai SK Kadisdik No.820 tahun 2007, biaya pendaftaran SD sebesar Rp. 4.000, SMP dipungut Rp. 5.000, SMA Rp. 6.000 dan SMK Rp. 7.000. (m18)

Hari Pertama PSB
*Peminat BL Membludak
Balikpapan, Tribun – Hari pertama Penerimaan Siswa Baru (PSB) melalui jalur Bina Lingkungan (BL) dan Warga Miskin (Gakin) berlangsung dengan lancar, Senin (18/6). Dari beberapa sekolah yang sempat di pantau Tribun, jumlah pendaftar BL dan Gakin membludak, melebihi jumlah BL yang diterima.

Di SMP Negeri 1 Balikpapan, para pelajar yang didampingi orang tuanya telah menunggu sejak pukul 07.30 atau setengah jam dari waktu yang ditentukan yakni pukul 08.00. Panitia PSB menyediakan empat loket bagi BL dan satu loket untuk Gakin. Setiap loketnya, mampu menampung sekitar 40 pendaftar. Di luar dugaan, pendaftar yang datang melebihi kapasitas loket yang telah disediakan.

Panitia kemudian berinisiatif untuk membuka tiga loket untuk jalur BL. Sehingga total keseluruhan mencapai 280 pendaftar BL dan 19 Gakin. Marudi, yang mendaftarkan anaknya di jalur BL mengatakan bahwa pendaftaran kali ini berjalan dengan baik dan tak ada pungutan apa pun. Ia juga menyambut positif proses pembobotannya. Karena dengan cara ini, anak BL akan merasakan persaingan dan kualitas BL akan meningkat. “Bayangin aja, jatah BL hanya 48 sementara yang daftar mencapai 200-an orang. Artinya, walau BL tidak semudah seperti tahun yang lalu,” ujarnya.

Hal yang sama juga terjadi di SMP Negeri 12 Balikpapan yang tak jauh dari SMP 1, pendaftar BL mencapai 190 dan Gakin 10 orang. Padahal, sekolah ini hanya menerima 108 pelajar dari jalur BL.
Ketua Panitia PSB SMP Negeri 12 Balikpapan Slamet memperkirakan jumlah pendaftar akan bertambah terus walaupun tidak sebanyak pada hari pertama ini. “Besok (Selasa, 19/6), kita akan mengumumkan peringkat pendaftar berdasarkan nilai-nilai yang telah dibobot. Nah, pengumuman ini dapat dijadikan pendaftar untuk mengambil keputusan apakah akan melanjutkan atau mengambil berkas,” kata Slamet.

Senada dengan Slamet, Sekretaris PSB SMP Negeri 6 Balikpapan Sumari menjelaskan bahwa pemeringkatan yang dilakukan setiap hari sangat berguna bagi para pendaftar. “Kami akan mengumumkan peringkat dan nilainya. Nah, pendaftar yang nilainya lebih rendah dari nilai yang berada di peringkat 72 pasti berpikir ulang. Kalau saya mendaftar pasti ngga masuk,” ujarnya. SMP ini menerima 72 pelajar dari jalur BL sementara yang mendaftar mencapai 93 pendaftar. Hingga saat ini, nilai peringkat 72 adalah 68,12.

Sedangkan DI SMP Negeri 3 Balikpapan, para pendaftar dapat langsung melihat peringkatnya di smp3balikpapan.blogspot.com. Ketua Panitia PSB SMP Negeri 3 Balikpapan Sadmiati menjamin peringkat tersebut dapat dilihat pukul 20.00 (Senin, 18/6). Begitu juga dengan hari-hari berikutnya. “Saya menjamin kalau pukul 8 malam sudah selesai, asalkan tidak terjadi mati lampu,” ujarnya. SMP Negeri 3 menerima 80 murid BL. (m18)

Sekolah Jatah Bina Lingkungan (BL) Mendaftar BL Gakin
SMP Negeri 1 48 280 19
SMP Negeri 2 56 268 32
SMP Negeri 3 80 – 34
SMP Negeri 5 70 368 42
SMP Negeri 6 72 93 24
SMP Negeri 12 108 90 10
sumber : sekolah-sekolah. (m18)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: