Dekopinda Rekrut Gakin

>Guna Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan dan Bunga

Balikpapan, Tribun – Dekopinda Balikpapan akan merekrut Keluarga Miskin (gakin) untuk bergabung sebagai anggota. Jika sudah terdaftar, mereka akan memperoleh kemudahan mendapatkan kredit dari koperasi melalui anggaran yang dikucurkan Disperindagkop Balikpapan. Syarat untuk memperoleh kredit di koperasi pun akan lebih ringan, tanpa perlu dilengkapi agunan dan tanpa bunga.
“Ke depannya kita ingin mengubah lembaga ini. Kita ingin menangani kemiskinan. Seperti tema HUT ke-60 Koperasi yakni Pengentasan Kemiskinan Melalui Gerakan Koperasi. Jadi kita berupaya, koperasi-koperasi di lingkungan mereka tinggal dapat merekrut mereka. Di komunitas itu, koperasi akan menyalurkan kredit. Tahun ini kita coba programkan,” ucap Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dekopinda Balikpapan Edi, Rabu (27/6).
Seperti Disperindagkop, koperasi yang berada di bawah asuhan Dekopinda ini akan membatasi pinjaman maksimal Rp 5 juta. Dengan peminjaman tersebut, imbuh Edi, koperasi tersebut akan mendampingi, mengawasi dan memediasi gakin dalam memulai bisnisnya. Kesempatan itu pula, Koperasi bersangkutan akan menyosialisasilan fungsi koperasi, bagaimana koperasi dan apa koperasi itu.
“Target kita adalah pengentasan kemiskinan dan kita ingin koperasi terlibat di dalamnya. Jadi kita harapkan yang belum dapat kredit dapat kita mediasi sehingga bisa mengakses kredit. Melalui kredit itu kita akan monitor sejauh mana keberhasilan mereka. Sebagai umpan kita akan menyebarkan undangan jalan santai gratis kepada mereka menyambut HUT Dekopinda,” ujarnya.
Kesempatan itu, Edi mengungkapkan penyelengaraan HUT ke-60 Koperasi, Dekopinda akan menggelar berbagai macam kegiatan. Kegiatan dimulai tanggal 1 – 17 Juli. Dari sunatan massal, donor darah kunjungan ke panti jompo, seminar hingga upacara. Dipastikan sekitar 250 koperasi di Balikpapan akan menghadiri acara puncak yang dilanjutkan dengan seminar tanggal 17 Juli. Dalam seminar akan disosialisasikan fungsi Program Penjaminan Kredit Daerah (dulu, Lembaga Penjaminan Kredit Daerah).
Perayaan HUT koperasi di samping memberikan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi, juga akan menandatangani nota kesepakatan (MoU) antara Dekopinda dengan PT Makro. Bentuk kesepakatan adalah Dekopinda merekomendasikan nama-nama koperasi untuk menjadi suplier ke sub-sub koperasi lainnya. Koperasi yang dianggap layak, memiliki sub koperasi dengan beragam usaha akan direkomendasikan. Koperasi ini menjual barang-barang milik Makro kepada sub-sub koperasinta dengan harga sesuai harga Makro. Koperasi itu sendiri agar memperoleh marjin dari penjualannya mendapat harga khusus dari Makro.(lia)

Syarat :
-Punya kartu gakin
-Memiliki usaha
-Bergabung pada salah satu koperasi
-Akan mendapat fasilitas kredit tanpa agunan dan bunga
-Kredit maksimal Rp 5 juta (lia)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: