Dinsos Kaltim Usulkan Rp2 M Untuk Pembangunan Gudang Penyimpanan

DINAS Sosial (Dinsos) Kaltim mengusulkan anggaran sebesar Rp2 milyar, untuk membangun gudang penyimpanan untuk bahan-bahan sembako. Hal tersebut terungkap saat dengar pendapat (hearing) Komisi IV DPRD Kaltim bersama Dinsos Kaltim, kemarin.
Ketua Komisi IV Asdiani mengatakan, terkait usulan Rp 2 miliar akan masuk dalam agenda rapat internal komisi. “Bisa saja hasil akhirnya disetujui di APBD-P 2007 atau di APBD 2008. karena itu langkah penting penanggulanagan tanggap darurat bencana alam, sudah pasti menjadi sorotan utama kami,” ungkapnya, Rabu (27/6).
Asdiani juga membantah adanya sinyalemen bahwa Komisi IV kurang peduli dengan penanganan bencana alam di Kaltim. “Hearing lintas instansi ini hanya salah satu dari upaya kami memaksimalkan perjuangan perbantuan bencana alam, apalagi kami (Komisi IV, red) memegang peranan penting pada penentuan anggaran bidang kesejahteraan,” tegas Asdiani, anggota Fraksi PDIP Kaltim.
Kepala Dinsos Kaltim, Norliansyah T Noor mengatakan, jika dianggarkan oleh anggota dewan, lokasi pembangunan gudang yang diusulkan Rp 2 miliar itu memiliki dua alternatif tempat pembangunan yakni, Samarinda Seberang dan Loa Bakung. “Nanti akan diseleksi dari keduanya yang mana akses transportasinya mudah terjangkau, lebih efektif dan tentu saja harganya lebih murah,” tuturnya.
Soal tempat penyimpanan materi bantuan penting seperti beras dan obat-obatan, apakah menjadi satu dalam gudang penyimpanan itu. “Tentu akan sangat merepotkan karena Dinsos tak punya pengalaman dan keahlian menyimpan beras yang aman. Makanya untuk bantuan beras, selama ini dititipkan di Dolog. Begitu juga obat-obatan yang dititip pada Dinas Kesehatan,” bebernya.
Pada pertemuan ini, Norliansyah juga memaparkan bagaimana kondisi distribusi bantuan dinsos tersebut. Antara lain,  stok beras siap pakai di setiap kabupaten/kota dipatok 5 ton. Sedangkan untuk provinsi sekitar 50 ton. “Tapi dalam keadaan darurat, kabupaten/kota bisa mengajukan usulan hingga 100 ton,” tandasnya.(adv)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: