Pelatihan Safety Training di SMK 1

Peserta Tak Perlu Bayar Rp 7,5 juta
Balikpapan, Tribun – Pengetahuan safety (keselamatan, red) mempunyai peranan besar saat seseorang bekerja di industri. Karena itu, sejak dini, selagi menjadi pelajar dan mahasiswa pengetahuan tersebut perlu diberikan kepada mereka. Demikian diutarakan General Manager Kalimantan Prima Services Indonesia (KPSI) Robert James Smith saat menutup acara pelatihan safety di SMK Negeri 1 Balikpapan, Selasa (26/6). Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 6-26 Juni itu diikuti sekitar 44 tenaga pengajar dari Politeknik Balikpapan (Poltekba) dan SMK Negeri 1.

Menurut Robert, safety merupakan hal yang utama dan mempengaruhi kinerja perusahaan. “Perusahaan rugi apabila ada pekerja yang mengalami kecelakaan atau sakit. Pekerjaan akan terbengkalai karena tak ada orang yang mengerjakanya. Sebab itu, perusahaan memerlukan orang- orang yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik akan safety,” ucapnya.

Robert juga menjelaskan seminar ini merupakan win-win solution bagi dunia pendidikan dan industri. Dunia pendidikan mendapatkan pelatihan secara gratis sementara industri mendapatkan tenaga kerja yang memahami safety. “Para peserta pelatihan harus membuka pikiran orang-orang disekitarnya, baik murid ataupun anggota keluarga. Safety itu bukan hanya di industri, tapi juga di rumah dan sekolah. Safety adalah budaya,” ucapnya.

Senada dengan Robert, Direktur Politeknik Balikpapan (Poltekba) Tutuka Ariadji Ph D mengatakan pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan ini, harus ditransfer ke murid dan mahasiswa yang mereka didik. “Ini komitem kita (Poltekba, red) untuk mengajarkan mengenai safety. Safety menjadi modal mereka saat mencari dan bekerja di perusahaan nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Ida, seorang peserta pelatihan mengaku gembira mengikuti pelatihan ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada KPSI. Karena dengan adanya pelatihan ini saya dapat mengikutinya dengan gratis. Kalau ikut kursus diluar, saya harus membayar Rp 7,5 juta,” katanya. (m18)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: