Bersih-Bersih Pantai Libatkan Lebih 3.000 Orang

Balikpapan, Tribun – Kendati telah memenangkan Adipura baru-baru ini, pemkot Balikpapan tidak berpuas diri. 1 Juli mendatang melalui Bapedalda Balikpapan, pemkot akan menggelar bersih-bersih pantai. Sekitar 18 lokasi dijadikan pusat pembersihan khususnya di bantaran pantai dan pantai itu sendiri. Diperkirakan bersih-bersih ini akan melibatkan sekitar 3.000 orang termasuk pelajar, warga, LSM, paguyuban dan anggota Polri.
18 lokasi itu diantaranya Pantai Manggar dan Lamaru untuk Kecamatan Balikpapan Timur, Klandasan Ulu dan Ilir meliputi Melawai, Monperas, Pasar Klandasan, Jaring Sampah Gunung Malang, dan Wisma Segara untuk Balikpapan Selatan, Gunung Sari Ilir meliputi bantaran sungai persimpangan Gunung Malang, Mekar Sari, Puskib, Gunung Kawi dan Gunung Guntur untuk Balikpapan Tengah, Balai Gembira Karang Anyar Perbatasan, Pandan Sari, Pandan Wangi dan Jl 21 Januari sampai Pasar Baru untuk kecamatan Balikpapan Barat. Bersih-bersih pantai ini dimulai pukul 7.00. Walikota mendapat lokasi di Jaring Sampah Gunung Malang, Wawali di Kampung Baru Margasari, dan Asisten- asisten pemkot tersebar di lokasi lainnya.
“Salah satu penilaian yang kurang adalah kerja bakti massal. Hal itu karena tidak terdata akurat. Nah, sekarang ini sudah ada penanggung jawabnya. Kalau tim adipura mau menghubungi tinggal menelpon nomor mereka. Mudah-mudahan ini akan menambah nilai untuk Adipura tahun depan. Tapi yang terpenting bukan Adipura. Adipura hanya sasaran antara saja. Tujuan pokoknya kita ingin membuat masyarakat menjadi kebersihan merupakan bagian dari hidupnya,” jelas Kepala Bidang Pemantauan dan Pemulihan Lingkungan Bapedalda Balikpapan Ali Munsjir Halim, Kamis (28/6).
Alasan lain pemilihan bantaran pantai, imbuh Ali, disebabkan pula karena masyarakat masih kerap membuang sampah di sungai. Penumpukan tersebut menyebabkan stagnasi sehingga sering terjadi banjir. “Kita ingin ada kesadaran masyarakat untuk kerja bakti dan menjaga kebersihan lingkungan. Jadi mereka akan paham bahwa membersihkan lingkungan itu bukan hanya tangung jawab DKPP, Bapedalda atau instansi pemerinta tapi keterlibatan masyarakat itu sangat diperlukan. Ini proses pembelajaran membersihkan di bantaran sungai. Sebenarnya moral dari kegiatan yang kita lakukan adalah tempat buang sampah itu bukan di bantaran sungai,” tuturnya.(lia)

-Bersih-bersih pantai ini dimulai pukul 7.00.
-lokasi :
-di Pantai Manggar dan Lamaru untuk Kecamatan Balikpapan Timur
-Klandasan Ulu dan Ilir meliputi Melawai, Monperas, Pasar Klandasan, Jaring Sampah Gunung Malang, dan Wisma Segara untuk Balikpapan Selatan
-Gunung Sari Ilir meliputi bantaran sungai persimpangan Gunung Malang, Mekar Sari, Puskib, Gunung Kawi dan Gunung Guntur untuk Balikpapan Tengah
-Balai Gembira Karang Anyar Perbatasan, Pandan Sari, Pandan Wangi dan Jl 21 Januari sampai Pasar Baru untuk kecamatan Balikpapan Barat.
-Walikota mendapat lokasi di Jaring Sampah Gunung Malang
-Wakil Walikota di Kampung Baru Margasari
-Asisten-asisten pemkot tersebar di lokasi lainnya (lia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: