Kajian Flirting

Lantas apa yang harus dilakukan oleh remaja laki-laki untuk menarik perhatian dan supaya populer di kalangan remaja perempuan? Menurut artikel “Jadi Populer di Mata Cewek” (HAI, 26/2/1999), ada banyak cara supaya bisa populer di kalangan remaja perempuan. Seorang remaja laki-laki harus mempunyai keunikan. Ia harus berbeda dari teman-temannya yang lain. Sikap ekstrim—menentang aturan dan nilai-nilai yang berlaku di rumah, sekolah atau masyarakat—dan sikap eksentrik, bisa membuat seorang remaja laki-laki berkibar di kalangan anak perempuan. Kita simak kalimat-kalimat yang ada dalam artikel ini: “…Keunikan sangat penting. Semakin berbeda, cewek-cewek itu akan semakin mengenal kita….cewek juga merasa bangga bisa dekat dengan cowok yang menurutnya unik. Dalam keunikan, cewek juga menangkap kemisteriusan. Dan yang bikin mereka bangga adalah jika kemisteriusan seorang cowok berhasil diterobos lewat hubungan istimewa. Semakin dia akrab dengan kita, semakin bangga”.

Ada sejumlah persyaratan lain yang harus dipenuhi supaya laki-laki disenangi perempuan. Persoalan ini dibahas dalam artikel “A Sampai Z Sifat Cowok yang Disebelin Cewek” (HAI, 26/3/1996). Menurut HAI, “Jadi cowok yang pengen disenengin para cewek memang nggak gampang. Sejumlah persyaratan harus dipenuhi. Bukan sekedar fisik, harus ganteng, harus kece, atau harus imut. Yang terpenting justru adalah sifat-sifat yang menyenangkan”. Ia tidak boleh angkuh, bandel, cerewet, dusta, egois, gombal, jahat, nyinyir, omong jorok, rapuh, berkualitas payah, lelet atau lamban, yes man, pengecut, zero atau telat mikir, munafik, dan kikir.

Artikel berjudul “Merebut Hati Sang Cewek” (HAI, 24/10/1989) membahas tentang persoalan-persoalan yang harus disadari dan diwaspadai oleh remaja laki-laki untuk meraih hati seorang perempuan. “Berbeda dengan cowok yang menganggap tampang kece cewek sebagai daya tarik 40% (hampir 2 kali lipatnya), cewek umumnya lebih mengutamakan cowok yang sanggup menghadapi realitas, jujur, dan punya kedudukan. Disamping itu, ia juga harus berani, dan berkemampuan untuk tetap sehat. Para cewek itu akan memberikan respon pada para cowok yang mampu memberikan sinyal-sinyal kehangatan, kedekatan, dan perlindungan terhadap bahaya. Kesemua itu dapat diungkapkan dalam bentuk perhatian, suara yang meyakinkan, atau sentuhan. Itu saja sudah cukup. Para cewek tidak tertarik dengan organ seks cowok…”, begitulah kalimat-kalimat yang tertulis dalam artikel ini.

Selain memberi saran-saran yang lebih bersifat anjuran untuk mengeksplorasi hal-hal yang ada dalam diri seseorang, HAI juga memberi saran-saran yang lebih bersifat teknis dan praktis untuk mendekati seorang remaja perempuan. Bahwa ia harus bisa menjaga penampilan, unjuk diri lewat prestasi, tidak malu-malu, dan berteman dengan sahabat-sahabatnya (“10 Cara Menggaet Cewek”, HAI, 11/7/1995). Jika perlu ia harus memperhatikan tatapan mata dan cara bicara seseorang untuk mengetahui apakah seorang perempuan benar-benar tertarik kepadanya atau tidak. Jika seseorang merasa tertarik, tanpa sadar pupil matanya akan membesar. Tetapi jika ia bicara dengan nada yang terlalu lambat, berhati-hatilah, biasanya itu disebabkan karena ia merasa tidak tertarik atau bosan (“Modal Jadi Playboy”, HAI, 19/9/1989).

HAI mungkin memang tidak selalu memberikan apa yang diinginkan oleh remaja laki-laki pembacanya. Setiap media pasti punya konvensi dan gaya sendiri-sendiri. Tapi diantara konvensi-konvensi itu pasti ada seperangkat nilai-nilai tertentu yang diarahkan kepada pembacanya. HAI membingkai sebuah dunia romantis tersendiri lengkap dengan kode-kode romantik khusus kepada pembacanya. Poin menarik yang bisa ditarik disini adalah bahwa semua artikel yang ada dalam majalah HAI tidak hanya ditulis oleh penulis laki-laki yang tentu saja berada dalam satu atmosfer pemikiran dengan pembacanya, tapi juga ditulis oleh penulis perempuan. Jadi dalam kasus majalah HAI, seluruh model dunia romantis dan perspektif-perspektif yang ditawarkan disitu dibentuk bersama-sama oleh kaum laki-laki dan perempuan yang ada didalamnya.

 

TERSENYUMLAH

Renungkanlah! Bukankah orang yang memikat Anda adalah orang yang selalu tersenyum ceria dan menyenangkan ? Anda akan menemukan bahwa orang yang tidak Anda sukai pun akan lebih menarik bila ia tersenyum. Mengapa senyum mempunyai kekuatan yang besar? Sebab senyum mengisyaratkan cinta, mencerminkan penerimaan. Dan membuat orang merasa bahwa kita menerima mereka adalah salah satu cara yang paling efektif utnuk mempengaruhi seseorang.

SANJUNGLAH

Pujian atau sanjungan akan membuat Anda melayang! Ini kenyataan yang sangat terkenal. Inilah cara yang sangat efektif bagi seseorang untuk dekat orang lain. Tetapi orang sering ragu untuk menyanjung orang lain, sebab ia khawatir pujiannya akan dianggap tidak tulus dan hanya sekedar basa-basi saja. Memang benar bahwa orang sering curiga dan tidak percaya bila orang lain memberikan pujian atau sanjungan yang berlebihan. Namun demikian, dalam hati mereka sebenarnya menerima dengan senang walaupun secara lahiriah mereka nampak acuh. Namun Anda harus hati-hati. Pujian yang terlalu banyak akan mengurangi ketulusan Anda.

BATASILAH KEBERSAMAAN

Tentu saja Anda tahu bahwa jika Anda berlama-lama bersama seseorang, ia akan cepat bosan. Pertimbangkanlah hal berikut: Jika Anda membatasi kebersamaan Anda dengan orang lain, sebenarnya Anda justru membuat mereka ingin lebih lama bersama Anda, bahkan seandainya ia tidak begitu tertarik kepada Anda pada mulanya! Orang justru ingin bertemu Anda lebih sering lagi, jika Anda membatasi kebersamaan!

MENGHADAPI KESULITAN

Bila keinginan anda ditolak atau tidak didengarkan janganlah Adna kehilangan kesabaran. Utarakan lebih keras lagi. Bersedialah untuk mundur sejenak dengan baik baik. Dengan sikap demikian, Anda akan meyakinkan orang lain bahwa persahabatan yang Anda inginkan itu tulus, baik, dan memang layak. Orang akan menyintai dan mengagumi orang yang dengan senang hati menghadapi kesulitan. Menerima kekalahan dengan senang hati secara tak sengaja akan menyebabkan oran glain percaya kepada Anda di masa mendatang. Ingatlah, cinta selalu menuntut kepercayaan!

Berbagai cara mengatakan I Love You:

1. Pada tgl tertentu setiap bulan , tanggal 8 misalnya hadiahkanlah pasangan  Anda setangkai mawar, sebaiknya warna bunga mawar yang anda berikan tidak sama setiap bulannya..Mawar juga bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengajaknya berduaan.

2.Tulislah sesuatu yg lucu dikertas Post-it, dan tempelkan ditempat yang langsung terlihat, seperti ” Ciluk-ba ! He..he aku bisa lihat kamu lho”.  Jangan lupa untuk memastikan tulisan tersebut dapat membuatnya tersenyum.

3.Buatlah puisi dari dari namanya, dan letakkan puisi tersebut diatas bantalnya setiap malam. akan lebih baik puisi tsb ditulis dikertas yang bagus.

4.Cobalah untuk sesekali memberikan kejutan padanya. kejutan tsb tidak perlu mahal harganya. anda cukup tiba-tiba muncul dikantornya sepulang kerja untuk mengajaknya makan malam.

5.Siapkan bathtub berisi air hangat. sebagai penghidup suasana romantis, putarlah musik lembut, nyalakan lilin dan sebarlah kelopak-kelopak mawar ke dalam bathtub, setelah itu anda bisa memandikannya tanpa perlu berbasah-basah ria..selanjutnya terserah anda…

6. Jika pasangan anda stress dan tertekan, segeralah berhenti mengerjakan apa yang sedang anda kerjakan. dekati dan berikan si dia pelukan hangat dan penuh kasih sayang. Like everybody says: hug is terrific therapy

 

MEMBANGKITKAN KETERGANTUNGAN EMOSIONAL

Ada perbedaan besar antara mencintai dan mabuk cinta. Bila Anda mencintai seseorang, Anda menguasai perasaan Anda- Anda dapat menunjukkan perasaan dan sikap Anda kepada orang tersebut. Tetapi bila mabuk cinta, Anda tidak menguasai diri lagi. Tanpa daya Anda bergantung pada siapa saja yang Anda puja. Kunci utama untuk mendapatkan seseorang itu pertama-tama membuat orang tersebut bergantung secara emosioanl kepada Anda- bukan sebaliknya!

Mengapa pasien seringkali jatuh cinta kepada ahli jiwa mereka? Ini menunjukkan bahwa ada kecenderungan orang jatuh cinta kepada orang lain yang memenuhi kebutuhan emosional mereka. Di dalam konsultasi yang efektif, pasien menyadari bahwa terpenuhi kebutuhan emosional untuk dimengerti dan dikasihi. Mereka menyadari bergantung kepada konselor mereka demi terpenuhinya kebutuhan mereka. Mereka tidak dapat lepas dari ahli jiwa mereka.

Agar berhasil dalam percintaan kadang-kadang perlu berperan (sedikit) sebagai ahli jiwa (yang hebat). Semakin baik anda yang memerankan, semakin dalam cinta yang dirasakan oleh orang yang Anda inginkan.

Diantara kiat berikut akan menolong Anda memerankan peran tersebut.

1. SELALU HADIR DIDEKATNYA

Syarat pertama yang harus dipenuhi ialah bahwa Anda selalu siap sedia. Kehadiran Anda harus diketahui dan dirasakan. Hal ini tidak selalu mudah. Tetapi Anda tidak perlu takut untuk mengganggu kehidupannya. Karena terkadang kasih terbesar ditemukan bukan dengan pergi mencarinya secara aktif, melainkan orang menyodorkan kepada kita pada saat kita tidak punya minat. Bila ada orang yang jatuh cinta (perhatikan kata-kata ini dengan seksama), ia akan selalu bersama seseorang yang siap sedia di dekatnya!

Seorang mahasiswa muda menjalankan prinsip ini ketika sedang mengambil hati calon istrinya. Ia mengatakan bahwa walaupun sang gadis tidak ada ketika ia menelopon, ia selalu meninggalkan pesan kepda teman sekamarnya supaya gadis itu selalu mengetahui kehadirannya. (Namun demikian ia tidak membiarkan gadis itu berpikir bahwa ia telah mengikatnya secara total). Maka hadirlah didekat orang yang Anda inginkan walaupun ia seolah-olah tidak membutuhkan Anda! Saatnya akan tiba mereka membutuhkan seseorang dan Anda orang pertama yang memenuhi harapannya! Sama seperti pasien yang bergantung kepada ahli jiwa pada saat kritis, orang yagn Anda inginkan akan berpaling kepada Anda pada saat mereka membutuhkan.

2. DENGARKAN DENGAN PENUH MINAT

Orang membutuhkan seseorang tempat curahan hati. Mereka sangat bahagia dan bertindak sebaik-baiknya bila ada salah seorang yang betul-betul tahu dan mengerti apa yang dialaminya. Namun nyatanya banyak orang kesulitan untuk mengungkapkan isi hati mereka yang sesungguhnya kepada orang lain. Betapa sering anda mendengarkan pasangan yang frustasi dengan mengeluh tetapi penuh sayang, ” Aku memintanya untuk mengatakan apa salah saya, tetapi ia hanya membisu dan memendam di hati!” Banyak orang sulit untuk terbuka, bahkan pada jalinan yang tulus ini.

Apa yang harus Anda lakukan untuk merebut kepercayaan seseorang dan menghancurkan tembok penghalang komunikasi?

Mulailah gunakan metode mendengarkan dengan penuh minat’ Teknik ini menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk menguatkan hubungan dengan orang lain. Teknik ini adalah :

a). Diamlah bila orang lain sedang bicara. Jangan memotong pembicaraan. biarkan ia berbicara selama mungkin. Semakin lama Anda bersedia membiarkan orang untuk melampiaskan isi hatinya, semakin besar Anda memuaskan kebutuhan emosionalnya untuk dimengerti. Ini akan mendorong kejujuran dan keterbukaan orang tersebut.

b). Biarkan pembicara berhenti sebentar untuk meyakinkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan dan mengerti. Komentar anda cukup “Hm-hmm atau Ya,lalu…”

c). Tataplah pembicara saat berbicara.

d). Jangan menilai atau memberi pendapat mengenai sikap atau perasaan yang diungkapkan seseorang.

e). Biarkan orang lain membukakan dirinya atas kemauan sediri. Bila kelihatannya ia berbicara berputar-putar dan tidak masuk akal, biarkan saja! Jangan mecoba mengarahkan jalan pikirannya seperti jalan pikiran Anda. Jangan coba menggali informasi dari orang yang belum siap untuk membuka diri. Dengan mencipkan suasana yang tidak mengancam, ia dapat mengungkapkan diri sesuai dengan kehendaknya, tanpa takut dicela atau diadili, maka Anda akan segera di cari ‘hanya untuk teman bercakap-cakap’.

Kesabaran mendengarkan jarang ditemukan, dan ia segera menyadari bahwa kepada Anda ia dapat memuaskan dahaganya. Tidak ada orang lain yang dapat memberikan pengertian yang demikian dalam.

Semakin besar pengertian Anda kepada orang yang Anda inginkan, semakin besar pengaruh Anda terhadapnya. Pada gilirannya, orang itu akan benar-benar terikat kepada Anda. Pentingnya mendengarkan dengan penuh minat sebagai senjata untuk mendapatkan cita tidak boleh diabaikan.

 Panduan pikat gadis idamanJanuary 15th, 2007 at 11:21 am (Tips Cinta)  Di waktu santai, pastinya anda ingin bersuka ria bersama rakan-rakan atau bersama kekasih. Tetapi, anda lelaki yang sukar untuk mendapatkan teman wanita atau kekasih yang sehati sejiwa. Anda pula cukup malu untuk mendekati perempuan, apa lagi membuka mulut untuk mengajaknya keluar! Bagaimanapun, tip di bawah ini mungkin boleh membantu. 1. Kenal pasti gadis idaman Sebagai lelaki anda perlu memulakan langkah pertama. Beranikan diri bergaul dan berkenalan dengan ramai gadis sebelum membuat pilihan. Anda perlu menyesuaikan diri dengan keadaan dan perlulah mengawasi gerak-gerinya. Tapi janganlah anda mengekorinya sehingga ke depan rumah! 2. Selidik latar belakang Apabila bertemu dengan gadis diminati, anda perlu melakukan sedikit ‘penyiasatan’. Selidik latar belakangnya sama ada dia sesuai atau tidak, siapa keluarganya dan paling penting, adakah dia sudah berpunya. Caranya, anda boleh bertanya kepada rakan-rakan gadis berkenaan. 3. Pastikan dia tahu kehadiran anda Anda sudah pun bertemu dengan bakal teman wanita. Perlu diingat anda tidak akan dapat mendekati gadis impian melainkan anda menegurnya. Mulakan dengan senyuman sebagai langkah pertama. Bagaimanapun anda tidak digalakkan merenung gadis itu terlalu lama kerana ia boleh membuatkan dia mempunyai prasangka negatif. Selain itu, anda perlu berlagak biasa dan jangan cuba untuk berlagak ‘macho’ atau seksi kerana ia juga boleh membuatkan gadis itu meluat. 4. Biar dia tahu anda menyukainya Berlagak biasa tetapi berhati-hati dengan percakapan dan tindak-tanduk agar tidak menyinggung perasaannya. Anda juga boleh mengatur temu janji seperti makan malam atau menonton wayang. Namun, lebih baik bertanya si gadis ke mana dia ingin pergi agar lebih selesa. Apabila anda berdua sudah semakin selesa dan serasi inilah masanya untuk menonjolkan sikap ‘gentleman’ dan berterus terang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: