Tiga Kandidat Masuk Bursa Calon Ketua Musda RAPI V Nurdin, Robin dan Wiyanto

Balikpapan, Tribun – Tiga kandidat kuat bermunculan dalam  persaingan  calon ketua Radio Antar Pendudukan Indonesia (RAPI)  Kalimantan  Timur 2007-2011. Nama-nama yang dijagokan untuk menduduki kursi ketua itu berasal dari  sembilan  perwakilan daerah yang menghadiri Musyawarah RAPI Daerah 19 Kalimantan Timur V yang digelar 30 Juni sampai 1 Juli 2007 yang dilaksanakn di Aula Rumah Dinas Walikota Balikpapan.  Ketiganya merupakan kader RAPI itu adalah Nurdin, Robin dan Wiyanto.
Ketua panitia Musda Sugeng Suryanto mengatakan, pengusungan calon ketua diserahkan pada aspirasi masing-masing perwakilan daerah. Tiap perwakilan memiliki hak suara untuk mengusung jagonya. Pihak panitia berperan  memfasilitasi kelangsungan  acara,  pemilihan pengurus RAPI dan penyelenggaraan musda. Nama-nama yang muncul pada bursa itu akan diseleksi  berdasarkan  kriteria kelayakan pencalonan antara lain sudah teruji loyalitasnya, call-sign (kode anggota) yang masih berlaku, tidak ada masalah dalam organisasi dan punya komitmen untuk memajukan Rapi ke depan.
“Tiap perwakilan daerah mengirimkan wakilnya. Pesertanya terdiri dari 3 utusan dan 2 peninjau dari tipa daerah.  Peserta yang memiliki hak suara pada pemilihan adalah 27 suara ditambah tiga suara dari daerah sehignga toalnya 30 suara. Ketuanya dipilih dari suara terbanyak,” katanya saat ditemui selama pembukaan Musda Rapi, Sabtu malam (30/6).
Apabila selama proses pemungutan suara terdapat dukungan berimbang antar kandidat, lanjut Sugeng Suryanto, maka diadakan pemilihan ulang diantara kandidat peraih suara terbanyak itu melalui sistem one man one vote. Artinya  seluruh peserta perwakilan daerah yang hadir memiliki hak memilih calonnya.
“Kami sebagai panitia berharap agar pemilihan nanti tidak perlu gontok-gontokan. karena ini Rapi adalah organisasi sosial yang lebih menekan fungsi penanggulangan bencana seperti tenggelam, tanah longsor, banjir apalagi menyambut PON XVII dan Pilgub,” jelasnya.
Dijelaskan, proses pemilihan ketua baru Rapi Kalimantan Timur mulai Minggu (1/7) diawali penyusunan tata tertib Musda, penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus periode lalu, dan dilanjutkan persiapan pemilihan ketua dan pengurusnya lima tahun mendatang.
Sembilan perwakilan daerah yang hadir dan akan menggungakan hak pilihnya adalah Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tarakan, Kutai Kartanegara, Sangatta, Pasir, Malinau, dan Penajam.
Ketua Rapi DPP Pusat H Dharma Udaya Nasution membuka resmi acara  tersebut. Dalam sambutannya, DPP Rapi meminta pemerintah daerah dan pihak berwenang menertibkan radio gelap yang mempergunakan frekwensi radio illegal. Selain itu, Musda ini diharapkan dapat memilih ketua yang dapat diandalkan khususnya mensukseskan prioritas program RAPI yaitu membantu penanggulangan bencana alam.
Ketua RAPI  Daerah  18 Kalimantan Timur H Ichwansyah menerangkan, saat ini anggota RAPI Kaltim mencapaui 1.251 anggota Kaltim. Kendala operasional RPAI antara lain kekurangan pendanaan, peralatan yang minim dan perangkat penunjang lain.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun, malam ini tiap peserta sedang melakukan lobi-lobi di HOtel Grand Tiga Mustika untuk persiapan pemilihan dan penyusunan perubahan tata tertib dan materi Musda lainnya.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: