42 Pasangan Menikah di Hari Lucky Seven

* Jumlahnya bakal terus meningkat

Balikpapan, Tribun –  Antusias calon pasangan untuk menikah  di hari lucky seven sedang menggejala di Balikpapan. Puluhan warga Balikpapan beramai-ramai  mendatangi Kantor urusan agama setempat guna mendaftarkan hari pernikahan mereka  pada 7 Juli 2007 atau tanggal tujuh bulan tujuh tahun 2007 itu. Beberapa pasangan membantah memilih hari pernikahan lucky seven setelah mengetahui niatan  artis Irfan Hakim yang akan menikah di hari yang sama.
Berdasarkan data yang dihimpun Tribun terdapat 42 pasangan yang akan menikah di empat Kantor urusan Agama Balikpapan yaitu KUA kecamatan Balikpapan Tengah, Selatan, Timur dan Barat. Jumlah tersebut diperkirakan bakal terus meningkat kaerna KUA setempat melayani sampai menjelang  hari lucky seven tersebut.
Sebanyak 15 pasangan mendaftarkan pencatatan jadwal nikahnya di KUA Balikpapan Tengah yang melayani pasangan  yang berasal dari  Gunung sari ilir, Gunung sari ulu, Sumber rejo, Karang rejo, karang jati, dan mekar sari. Di KUA Balikpapan Selatan tercatat 15 pasangan dari  kelurahan sepingan, gunung bahagia, damai, klandasan ilir, klandasn ulu, prapatan, telaga sari. 5 Pasangan mendaftarkan di KUA kecamatan Balikpapan Timur yang  meliputi teritip, lamaru, manggar baru dan manggar. 7 Pasangan mendaftar di KUA Kecamatan Balikpapan Barat yang mencakup kawasan  Kampung baru liir, kampung baru tengah, kampunag baru ujung, kariangau, margo mulyo, margo sari.
Arif dan wati pegawai KUA kecamatan Balikpapan Tengah menerangkan, pasangan yang mengajukan  pendaftaran nikah itu diterima sejak beberapa minggu terakhir.
Kepala KUA Balikpapan Selatan Muhammad Muhdor Sag mengatakan, berbagai alasan dikemukakan mempelai memilih peresmian pernikahan mereka di tanggal tersebut.  “Antara  lain dipercaya hari baik, mudah diingat dan lain sebagainya,” ujarnya Senin (2/7).
Pasangan yang mengajukan pernikahan itu sudah melengkapi kelengkapan administrasi pernikahan yaitu surat pengantar dari RT, kelurahan, dilengkapi foto kopi KTP, KK dan berkas lainnya. Kalau pasangan yang berasal dari luar daerah diwajibkan melampirkan surat dari RT hingga kelurahan dan rekomendasi dari KUA tempat asal. Dalam pendaftaran itu juga disyaratkan bagi calon pengantin wanita melampirkan surat keterangan imunisasi. “Imunisasi ini untuk dukung program pemerintah menciptakan keluarga sehat,” jelasnya.
Terpisah, Kepala KUA Kecamatan Balikpapan Barat  Drs H Syarifan AF menerangkan, kantor urusan agama setempat melayani pengurusan surat nikah pada tanggal yang diinginkan pasangan apabila dokumen diurus minimal 10 hari sebelum jadwal pernikahan.
Sebelum peresmian akad nikah, lanjut Syarifan, tiap pasangan diwajibkan mengikuti tahapan pernikahan yang diawali oleh acara penasihatan nikah dilaksanakan setiap hari tiap minggu. Pemberi nasihbat nikah itu tidak mutlak dari penghulu yang menikahkan. Tapi bisa dari  pemuka masyarakat, Tokoh Agama yang terdaftar dalam  badan penasihat pembinaan dan pelestarian perkawinan (BP4) yang berada di tiap kecamatan. “Penasihatan itu berisikan nasihat pada calon suami-istri  dalam mempersiapkan diri menuju jenjang pernikahan yang sakina dan mendapat ridho dari Allah. Setelah ijab kabul dan penyerahan mas kawin, dianjurkan untuk membacakan Sighat Ta’lik yang diucapkan mempelai lelaki  kepada  calon istrinya. Isinya janji calon suami kepada istri sebagai pedoman mengarungi rumah tangga,” jelasnya.

Menurut Mansyur dan Gus Fajar Penghulu dari KUA Balikpapan Tengah, Dalam acara penasihatan itu sebelum prosesi akad nikah itu memberikan wejangan dan nasihat kepada calon pasangan tentang  hak dan tangung jawab suami dan istri,  penjelasan syarat dan rukun nikah, bahaya ucapan yang mengandung nilai talak, hal lain untuk melancarkan  prosesi akad nikah. Rukun dan Syarat nikah itu mengacu pada kompilasi hukum islam sebagaimana tertuan dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang keberadaan calon suami, calon istri, dua orang saki, wali nikah, ijab kabul.
Seorang calon pengantin  Dedy membantah penetapan rencana pernikahannya karena terpengaruh rencana  pernikahan Irfan Hakim yang akan melangsungkan pernikahan pada hari lucky seven itu. Menurutnya, jauh hari sebelum pemberitaan rencana pernikahan itu, Dia dengan calon istrinya Desy sudah sepakat untuk menikah di tanggal itu.(rid)

Jumlah Psaangan yang akan menikah pada 7-7-2007
Kecamatan             Cakupan Layanan (kelurahan)        Jumlah pemohon
KUA Balikpapan Tengah    Gunung sari ilir, Gunung sari ulu,     15 pasangan
Sumber rejo, Karang rejo,
karang jati, dan mekar sari.
KUA Balikpapan Selatan    Sepingan, gunung bahagia,         15 pasangan
damai, klandasan ilir, klandasn ulu,
prapatan, telaga sari.

KUA Balikpapan Timur     Teritip, lamaru, manggar baru dan     5 Pasangan
manggar.

KUA Balikpapan Barat    Kampung baru liir, kampung baru tengah,     7 Pasangan
kampunag baru ujung, kariangau, margo
mulyo, margo sari.
Sumber : Data KUA Setempat.(rid)

Prosedur Administrasi pengurusan Nikah
Calon Pasutri –> Ketua RT –> Kelurahan — KUA kecamatan

Dokumen yang dilampirkan
* Fotokopi KTP
* Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar
* Foto gandeng ukuran 6×4 = 6 lembar
* Surat keterangan imunisasi bagi calon pengantin wanita dari puskesmas = 1 lembar
* Surat keterangan masuk islam yang diterbitkan Depag setempat (bagi muallaf).
* UNtuk janda/duda. Lampirkan akte carai asli beserta lampiran surat kematian
* Surat keterangan dari komandan TNI/POLRI khusus prajurit angkatan darat, laut, udara sdan sejenisnya
* Surat pengantar dari RT masing-masing
Sumber  : Depag Kota Balikpapan mengacu pada UU nomor 1/1974 dan PP 9/1975.(rid)

Data Poligami dan Perniakah dibawah Umur tahun 2006 di Balikpapan
Kecamatan        Poligami        Dibawah Umur            Rujuk
Total         Pria    Wanita    Keduanya
Balikpapan Barat    –        –        –    –        –    2
Balikpapan Utara    –        2        2    –        –    –
Balikpapan Tengah    4        5        2    3        –    –
Balikpapan Selatan    –        10        4    4        2    –
Balikpapan Timur    –        2        –    1        1    –
Total            4        21        8    8        3    –
Sumber : Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan.(rid)

Data Pasangan Menikah Tahun 2007
Balikpapan
Kecamatan    Barat    Utara        Timur        Tengah    Selatan    Jumlah
Januari        130    155        76        150        223        734
FEbruari    45    74        38        63        103        323
Maret        55    60        46        57        129        347
APril         70    78        45        103         87        383
Mei        85    71        50        72        105        383
Sumber : Kantor Departemen Agama  Kota Balikpapan.(rid)

— Ada foto headshot Desi Saptorini di Folder Ridwan —

Pacaran Sampai Ketemu Jodoh Bersemi di angka 7

Balikpapan, Tribun – Beragam alasan dilontarkan sejumlah pasangan yang memutuskan menikah pada 7 Juli 2007 atau yang dikenal hari lucky seven. Ada pasangan yang menikah karena terkenang pengalaman sejak perkenalan, masa pacaran hingga  bertemu jodoh yang bertepatan angka tujuh.  Ada juga yang memutuskan tanggal pernikahan pada lucky seven itu karena kepercayaan dan saran dari orang tua.
Calon mempelai perempuan  Desi Saptorini mengatakan, banyak keindahan indah yang dia lalu bersama calon suaminya Dedy Wahyudi berkaitan dengan angka tujuh ini. Bermula dari perkenalan sejak  tujuh tahun lalu pada tahun 1999.  Cinta bersemi diantara mereka berdua pada bulan tujuh tepatnya 16 Juli 2005. Saat itu Deddy menyatakan cinta pada Desi tepat pada pukul 7 malam. “Dulunya cuma berteman, tapi siapa yang tahu akhirnya kami berjodoh,” jelasnya saat ditemui ketika dia mendaftarkan rencana pernikahan di KUA Kecamatan Balikpapan Tengah, Senin (2/7).
Wanita kelahiran 11 Desember 1981 menerangkan,  penetapan akad nikah pada hari lucky seven murni atas kesepakatan mereka berdua yang memilih tanggal itu karena mudah diingat.  Selain itu, Desi percaya pernikahan lucky seven itu membawa hoki. Perencanaan pernikahan itu sudah diketahui angota keluarganya terdekat. Hari lucky seven dipilih sebagai tanggal pernikahannya setelah sempat tertunda menikah pada bulan April lalu.
“Supaya  bisa  melanggengkan pernikahan. Kata orang   wajah kita itu ada 7 rupa. Dari bayi berubah mukanya  sampai tujuh rupa. Jadi terjadi   perubahan tujuh muka manusia selama hidupnya. Langit itu kan lapis tujuh. Dalam seminggu ada tujuh hari. Lagipula hari sabtu minggu kita libur, jadi keluarga bisa  bisa kumpul semua. Kalau hari lain kan tidak bisa karena mereka bekerja,” jelasnya.
Dedi calon suami Desy menerangkan, dirinya ingin mengabaikan pernikahan lucky seven itu dengan
kejutan angka tujuh pada prosesi akad nikah nanti. “Rencananya mas kawin insya allah cincin 7 gram, ” jelasnya.
Dedy berharap pernikahannya di hari serba tujuh ini membawa rejeki, keselamatan dan cepat dapat anak. Perencanaan nikah pada lucky seven itu benar-benar atas kesepakatan mereka berdua. “Kami sudah rencanakan tanggal nikah jauh hari sebelum pengumuman rencana nikah artis  Irfan hakim. Jadi bukan ikut-ikutan,” jelasnya.
Pernikahan di hari lucky seven ini tidak hanya dilakukan masyarakat awam. Anggota Kepolisian Polresta Balikpapan juga ada yang meresmikan pernikahan pada hari itu. Praja Roma Donsah adalah salah satu anggota polisi yang akan melangsungkan pernikahan dengan Rina Herlia. Roma menerangkan, penetapan jadwal pernikahan itu sudah diatur dari pihak orang tua. Mereka berdua hanya menyetujui tanggal pernikahan tersebut. “Mudah-mudahan memperoleh bahagia, keluarga sakinan, dan dapat bimbingan dari Tuhan,” ujarnya saat ditanya mengenai alasan menikah pada hari lucky seven.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: