491 Calhaj Balikpapan Didata ulang

* 5 Propinsi Ajukan tambahan kuota tahun depan
* Daftar Tunggu 1.700 calon jamaah Habis sampai 2013

Balikpapan, Tribun – Sebanyak 491 calon jamaah kota Balikpapan yang namanya masuk dalam daftar keberangkatan haji tahun 2007/2008 mulai  menjalani pendataan ulang.  Pendaftaran dari 7 Juni sampai dengan 5 Juli 2007 ini akan mencoret calon jamaah yang tidak melunasi Biaya perjalanan haji (BPIH).
Kepala Departemen Agama Kantor Kota Balikpapan Drm H.M. Kusasi M.Pd  mengatakan, calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu bisa diberangkatkan pada musim haji tahun ini apabila pada pendataan ulang 491 jamaah itu ada yang mengundurkan diri.
“Dalam menentukan jamaah haji yang diberngkatkan mengikuti daftar urutan  yang mendapat porsi. yang berhak mendapatkan kursi adalah yang menyetorkan minimal Rp 20 juta pada bank BPIH,” jelasnya, Senin (18/6).
Dijelaskan, sampai saat ini sebanyak 491 calon jamaah yang telah menyetorkan uang muka jatah keberangkatan tersebut. Pada masa pendaftaran itu akan didata kembali calon jamaah yang telah melunasi ongkos biaya haji paling lambat 5 Juli 2007. Bagi yang terlambat dan mengudurkan akan digantikan dengan nomor urutan selanjutnya yang sudah masuk dalam daftar tunggu.
Sampai Juni 2007, jumlah calon jamaah daftar tunggu lebih dari 1.700 orang yang mendaftarkan sejak tahun 2005. Diestimasikan daftar tunggu itu habis pada tahun 2013 apabila jatah kuota Balikpapan teap pada kisaran 500-an seat.  Biaya perjalanan iibadah haji (BPIH) tahun ini sesuai ketetapan departeman agama pusat sebesar Rp 27.330.000 dengan kurs Rp 8.820 per dolar. Rombongan haji Balikpaan tahun ini yang masuk zona III sebagian akan bergabung bersama rombongan haji Banjarmasin dan Makassar.
“Bagi yang punya uang lebih kalau ingin cepat berangkat lebih baik dialihkan pada haji plus meskippun biayanya lebih mahal,” jelasnya.
Penyelenggaran ibadah haji khusus itu tidak ditangani Kandepag setempat tapi diserahkan pada pengelolaan tour and travel perjalan haji dan umoroh setempat.
Dijelaskan, Depag Balikpapan melalui Kanwil Propinsi Kalimantan bersama propinsi Kalsel, DKI Jakarta dan  Sulsel dan Riau telah menjajaki tambahan kuota kepada menteri agama dengan alasan untuk habiskan daftar tunggu.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: