Putu Wijaya Ajarkan Akting

Aku campakkan kembali bayi di tempat tapi terlambat

Ia sudah tercabut dari akar

Kuatir ia tercampak ke jurang

Kesumpal mulutnya dengan kotoran kebon tapi dia kalap

Kutipan syair karya Putu Wijaya itu menghiasi dinding gedung nasional Balikpapan. Tak hanya sebair syart yang ahdir di gedung itu, tapi pengarangnya pun yakni Putu Wijaya juga hadir di tengah-tengah undangan yang terdiri dari para guru dan pecinta seni sastra serta pelajar di Kalimantan timur Selasa (3/7).

Sosk penyair tenar ini memang sudah ditunggu-tunggu pecinta seni di kaltim. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya 86 pesrta dari berbagai daerah di kaltim, termasuk berau grogot, pasir, samarinda dan tenggarong.

Dalam workshop seni teratur dan sastra se-Kaltim yang berlangsung dari 3-7 Juli 2007, Putu Wijaya akan menjadi satu-satunya instruktur yang didatangkan langsung dari Jakarta oleh Dewan Kesenian balikpapan (DKB)

Dalam workshop membahas seni berakting. Putu juga akrab menyapa para hadirin. Hal ini ditunjukkan dengan pola duduk membentuk lingkaran dan berdekatan satu sama lain. Dengan pola itu, ia mengingkan adanya diskusi yang nyaman dan lebih akrab antara dia dan hadiri.

Menurut ketua DKB, Darwis M Noor, degna adanya workshop ini diharapkan nanti di balkpapan dan kaltim lahir sastrawan sejati. Materi yang diberikan dalam workshop selain aktif juga ada penlisan naskah, drama, puisi, cerpen, penyeutradaan. Sehingga para guru dapat menyerap ilmu seni sastra dan teater yang nantinya bisa disampaikan kepada murid-muridnya.

ā€œWorkshop yang berlangung tiga hari bisa bermanfaat bagi para guru. Jadi apabila nantinya dibutuhkan instruktur seni sastra dan teater, sekolah tidak perlu lagi mengambil guru dari luar,ā€ kata Darwis.(Balikpapan, Tribun)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: