Warga Klandasan Ilir Antusias Sambut FKPM

PENGURUS Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kelurahan Klandasan Ilir antusias menyambut kehadiran forum itu, Jumat (6/7). Dengan adanya wadah FKPM segala bentuk permasalahan bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan damai. Hal tersebut dikatakan oleh Lurah Klandasan Ilir Asfiansyah saat pemasangan papan nama bersama Kapolsekta Balikpapan Selatan, AKP Rendra Kurniawan.

Hadir pula ketua FKPM Klandasan Ilir Achmadi Samsudin serta pengurus FKPM lainnya. “Kami mendukung kehadiran FKPM ini dengan harapan permasalahan sosial yang terjadi di kelurahan kami bisa diselesaikan secara damai. Selain itu kami juga berharap agar FKPM nantinya bisa bekerja sama dengan LPM,” katanya.

Sejak terbentuk beberapa bulan lalu, FKPM di Klandasan Ilir sudah menyelesaikan beberapa masalah sosial di kelurahan. Misalnya pertikaian warga gara-gara pagar pembatas pekarangan, masalah perkelahian antar warga, kumpul kebo dan pemakaian atribut polisi dan TNI oleh warga. Diharapkan melalui wadah FKPM, hal itu bisa dideteksi secara dini dan bisa diredam agar tidak menjadi masalah yang lebih besar.

Kemitraan antara polisi dengan FKPM merupakan cerminan kemitraan polisi dengan masyarakat dalam penyelesaian masalah sosial. Rendra yang didampingi Polmas Brigpol Suparno berharap kepada pengurus FKPM untuk menjalankan fungsi dan tugas sebaik-baiknya. Karena kondusifitas kota Balikpapan merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Kami berharap FKPM nantinya bisa berkoordinasi dengan Polmas dalam menjalankan fungsinya. Diharapkan keberadaan FKPM ini bisa diketahui masyarakat umum melalui sosialisasi,” kata Rendra Dalam penyelesaian masalah, FKPM akan dibantu seorang Polmas dari Polsekta Balikpapan Selatan. Sedangkan masalah-masalah pidana penyelesaiannya tetap dilakukan oleh polisi sebagai penegak hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: