100 Pekerja Harus Ada yang Cacat 1

*Seminar Orang Cacat di Hotel Pacific
Balikpapan, Tribun -Komunitas Penyandang Cacat (KPC) Kaltim hari ini menggelar seminar tentang penyandang cacat, di Hotel Pacific Balikpapan, Rabu (11/7). Dua orang pembicara yang akan hadir dalam seminar kali ini adalah Tommy Lengkong dari Penelitian dan Pengembangan (Litbang) orang cacat Jakarta, dan Aiptu Jonson Siburian dari Polda Kaltim. Menurut Ketua KPC Joko Widodo, seminar ini rencananya akan diikuti sekitar 150 orang penyandang cacat di Kaltim, dan sekitar 50 masyarakat umum.

Materi yang akan dibawakan Tommy Lengkong adalah ‘Yang maha kuasa berkenan bagi penyandang cacat,’ dan subtema ‘Sadar dan bangkit dari kecacatan’, yang akan dibawakan oleh pembicara kedua Aiptu Jonson Siburian. Menurut Joko, dalam seminar ini KPC akan menjadi wadah kepada para penderita cacat untuk mendapatkan perlindungan. “Kedepannya kita akan perjuangkan hak-hak orang cacat untuk mendapatkan perlindungan,” kata Joko dalam jumpa persanya di hotel Pacific, Selasa (10/7).

Seperti yang dia katakan, dalam undang-undang nomor 14 tahun 2003 tentang tenaga kerja telah diatur, setiap perusahaan yang memiliki keryawan 100 orang wajib mempekarjakan 1 orang cacat.
Dan undang-undang itulah yang rencananya akan dipublikasikan lebih luas pada masyarakat Balikpapan. Karena, menurut Joko saat ini banyak perusahaan di Balikpapan yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 100 tetapi belum menerapkan aturan itu. “Dari seluruh perusahaan di Balikpapan, hanya 5 persen yang sudah melaksakan undang-undang itu. Karena keberadaan orang-orang cacat tidak pernah diperhitungkan,” ujarnya.

Menurut Tommy, WHO mengestimasikan, data jumlah orang cacat di Indonesia mencapai 20 juta, atau 10 persen dari seluruh total penduduk Indonesia. Sedangkan pemerintah belum pernah memikirkan pekerjaan apakah yang cocok untuk orang cacat ini. Dengan demikian, dalam seminar ini akan dikupas hal-hal baru mengenai penderita cacat, termasuk payung hukum dan peraturan daerah bagi orang-orang cacat. “Jadi dari hasil seminar ini diharapkan akan terbentuk kesepahaman dan perjanjian tentang apa yang bisa diberikan kepada orang cacat,” kata Tommy.

Jonson Siburian mengatakan, selama ini masyarakat melihat orang cacat secara fisik. Untuk itu, ia akan mengajak masyarakat untuk memotivasi orang cacat mengenai hal-hal yang tersembunyi dibalik keterbatsan fisiknya. Dalam seminar itu akan hadir sebagai motivator, yakni Lukas Pohan Hendra, pria dengan keterbatasan fisik yang kini sukses. Lukas akan hadir ditengah-tengah KPC untuk memberikan motivasi, dengan segudang pengalaman yang pernah ia derita hingga ia menajdi orang berhasil.

Seminar Penyandang Cacat itu akan dibuka oleh Walikota Balikpapan Imdaad Hamid sekitar pukul 08.00 Wita.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: