Cogindo Menangkan Tender Daya 30 MW

>Beroperasi November 2007

Balikpapan, Tribun – Akhirnya tender sewa genset untuk PLTD Tanjung Batu memenangkan anak perusahaan PT PLN, PT Cogindo Daya Bersama. Itu berarti November mendatang, Tanjung Batu akan menyalurkan daya listrik sebesar 30 Megawatt (MW). Kepastian ini diperoleh Walikota Imdaad Hamid tiga hari lalu. “Kami dapat kepastiannya tiga hari lalu. Yang ditunjuk adalah Cogindo anak perusahaan PLN. PLTD ini akan berbahan bakar Marine Fuel Oil (MFO). Nanti setelah tiga tahun baru kita ganti dengan gas,” jelas Walikota, Selasa (10/7).
Selain PLTD Tanjung Batu, PLN juga tengah menjajaki PLTD Batakan. Dengan bahan bakar yang sama yakni MFO, imbuh Imdaad, PLTD akan dapat menyalurkan tambahan daya sebesar 40 MW. “Soal ini akan kami bicarakan minggu depan dengan PLN. Sepertinya dari isu yang saya dapat yang akan ditunjuk pula adalah Cogindo,” tuturnya.
Kabar gembira itu dibenarkan Manager Bidang Niaga PLN wilayah Kaltim Suryadi. Dia mengatakan pelelangan terbuka yang dilakukan PLN untuk menenderkan 30 MW berhasil dimenangkan PT Cogindo. November mendatang tambahan daya ini sudah dapat dioperasikan. Selain itu, tahun ini juga Jawa Pos-Perusda Kelistrikan Kaltim juga akan merealisasikan 25 MW di PLTU Tanjung Batu. Diproyeksikan dapat beroperasi November-Desember. PLN lagi-lagi akan menenderkan penyewaan 15 MW tambahan daya yang akan beroperasi September nanti.
“Kalau PLTD Batakan masih terkendala persetujuan PLN pusat. Kita telah mengajukan surat kepada PLN pusat untuk penunjukan langsung kepada PT Cogindo. Namun PLN wilayah Kaltim belum mendapat surat dari PLN pusat untuk melakukan proses penunjukan langungnya. Padahal Menteri ESDM telah memberu lampu hijau kepada PLN untuk melakukan penunjukan langsung,” terangnya.
Kendati tahun 2007 ini realisasi tambahan daya akan bertambah sebanyak 70 MW, namun ternyata PLN belum bisa memenuhi waiting list. Pasalnya, daya mampu sistem jaringan Mahakam sebesar 172 MW dan beban puncak 90 MW. Itu berarti, PLN juga masih ngos-ngosan memenuhi beban puncak karena tambahan baru mencapai 70 MW. “Agak sulit kami penuhi daftar tunggunya karena mencapai 195 MW. Ini saja kita baru penuhi 70 MW tahun ini,” tandasnya.(lia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: