KRI Karel Satsuitubun Singgah di Semayang

*Akan Lakukan Operasi Trisila di Selat Makassar

Balikpapan, Tribun -Kapal perang milik TNI AL jenis Frigat, yakni KRI Karel Satsuitubun (KST) singgah di pelabuhan Semayang Balikpapan, Minggu (). Kehadiran kapal perang dari Komando Armada Timur (Koarmatim) Surabaya ini untuk melakukan oeprasi Trisila di peraiaran Selat Makassar dan perbatasan, selama kurun waktu 3 bulan. Namun sebagai bentuk dukungan tempur, kapal perang yang dikomandani Letkol Choky Hutabarat ini tidak terlepas dari tugasnya, yakni membantu Lanal Balikpapan, terutama dalam mengatasi permasalahan di perairan Balikpapan.

“Kapal tempur Frigat ini kegiatannya di bawah komando gugus tempur Armatim, yakni dengan sistem senjata armada terpadu (SSAT). Tapi bila ada info dari Lanal Balikpapan yang menyangkut hal-hal di laut, kami akan memberi dukungan,” kata Hutabarat saat ditemui di atas kapalnya, Selasa (10/7). Sore itu, sekitar pukul 16.00 Wita itu, kapal yang memiliki panjang 113,42 meter ini bertolak menuju perbatasan.

Disinggung mengenai situasi di perbatasan saat ini, orang nomor satu di KST ini mengatakan bahwa situasi di perairab itu tidak ada masalah. Namun bagaimanapun situasinya, sebagai gugus tempur paling depan dalam mempertahankan wikayah NKRI, ia akan selalu melakukan pengamanan preventif di wilayah perbatasan.

Kehadiran kapal perang yang dilengkapi torpedo anti kapal selam ini juga sempat menjadi perhatian orang yang melintas di pelabuhan. Bagaimana tidak? Antena radarnya yang berwarna hitam menjulang tinggi seolah-olah mengundang perhatian orang untuk melihatnya. Selain dilengkapi dengan peluru kendali dari permukaan ke permukaan, kapal buatan tahun 1967 ini juga dilengkapi peluru kendali dari permukaan ke udara. Sebelum tiba di Semayang, kapal perang ini telah bergabung dengan puluhan KRI lainnya, untuk melakukan latihan menembak di Pulau Gundul, Laut Jawa. (joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: