Pekerja Pelabuhan Harus Disertifikasi

*Adpel dan BKI akan Bentuk Tim Inventarisasi
Balikpapan, Tribun -Biro Klasiikasifikasi Indonesia (BKI) Cabang Utama Balikpapan bekerjasama dengan kantor Administrator Pelabuhan Semayang Balikpapan, akan membentuk tim inventarisasi dan sertifikasi pekerja pelabuhan serta peralatan yang beroperasi di pelabuhan. Demikian dikatakan Tim Sosialisasi Keselamatan kerja Pesawat Angkat dan Angkut, Ir Patunru Pongky yang diikuti sejumlah perusahaan di Kantor Pelindo Pelabuhan IV Balikpapan, Selasa (10/7).

Menurut Pongky, ada tiga sektor di pelabuhan yang perlu disertifikasi, yakni peralatan angkut dan angkat atau krane, orang yang menopresikannya, serta rigger atau pekerja lapangan yang bertugas memasang alat angkat. “Selama ini hal-hal seperti ini belum secara optimal diterapkan di pelabuhan- pelabuhan di Indonesia. Karena ini mengacu pada SK Dirjen tahun 2002 tentang sertifikasi,” kata Pongky. Tim inventarisasi itu sendiri akan dibentuk mulai bulan Juli ini.

Pelaksanaan sosialisasi itu didasarkan pada wujud tanggung jawab BKI sebagai lembaga yang diberi otorisasi oleh Pemerintah, dalam hal ini Perhubungan Laut dan Depnaker, sebagai Lembaga Inspeksi dan Sertifikasi Pesawat Angkat dan Angkut. Sedangkan Adpel akan berperan dalam hal pengawasan pelabuhan.

General Manager PT Pelindo Ir Timbul Pramono juga menghargai rencana itu. Menurut Timbul, rencana itu sesuai dengan aturan pemerintah yang ada. Acara dibuka oleh Administrator pelabuhan yang diwakili oleh Kabid Lala Karnadi Edi. Menurut Karnadi, dalam waktu dekat perhubungan laut akan semakin megoptimalkan pengawasan keselamatan kerja di Pelabuhan, khususnya menyangkut Pesawat Angkat dan Angkut.

Selain Pongky yang juga Wakil Kepala Cabang Utama BKI, tim presenter yang lain adalah Project manager & QSHE Auditor BKI Isradi Zainal MM CAAE.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: