Pemkot Siapkan 2,7 M untuk Beasiswa Periode 2008/2008

Balikpapan, Tribun – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,7 Milyar untuk beasiswa peningkatan Sumber Daya Manusia kota Balikpapan. Dari Rp 2,7 Milyar, sekitar Rp 1,5 milyar diberikan kepada 934 penerima beasiswa angkatan 1 dan 5, sekitar Rp 1,17 milyar digunakan untuk 770 penerima beasiswa yang baru atau angkatan 6 dan sisanya sebesar Rp 30 juta diberikan ke pendidikan taman kanak-kanak.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hernawati mengatakan bantuan beasiswa ini merupakan program tahunan pemkot. “Kita ingin beasiswa ini dapat memotivasi anak-anak Balikpapan untuk meningkatkan prestasinya,” kata Hernawati yang ditemui dikantornya, Selasa (10/7).

Selain itu, beasiswa ini juga digunakan untuk menjamin anak-anak Balikpapan menuntaskan program wajib belajar yang dicanangkan pemkot. Program itu yakni tamat pendidikan 12 tahun atau SLTA. “Bukan hanya untuk pendidikan tuntas, tapi juga jangan sampai anak-anak Balikpapan putus sekolah,” ucapnya.

Herna menjelaskan, bantuan ini diberikan khusus bagi mereka yang ingin melanjutkan ke tahap pendidikan berikutnya. Misalnya dari SD ke SMP, SMP  ke SMA, SMA ke perguruan tinggi. Namun, untuk mereka yang mendapatkan beasiswa dan sekarang lulus, mereka tetap harus mengikuti seleksi.

“Setiap naik ke jenjang pendidikan yang baru harus ikut seleksi walaupun mereka adalah penerima beasiswa. Tapi kalau tidak cukup melaporkan saja. Tentu saja, nilainya tidak boleh lebih rendah dari persyaratan yang ditetapkan,” ujarnya. Sedangkan untuk diploma dan sarjana, panitia tidak hanya menerima mahasiswa baru, tapi juga mereka yang duduk di semester 3-7 untuk strata 1 dan 3-5 untuk diploma.

Sementara itu, dari pantuan Tribun diloket pengambilan dan penerimaan formulir, hingga Selasa (10/7), masih sedikit masyarakat Balikpapan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Yang ngambil sih sudah lumayan, mungkin mencapai ratusan. Tapi kalau yang mengembalikannya tidak sampai 10 orang untuk setiap jenjang.

Mungkin mereka masih sibuk mengurus administrasi di sekolah barunya,” kata seorang petugas. Nominal beasiswa setiap jenjang pendidikan berbeda-beda. Untuk SD ke SMP, setiap anak mendapatkan Rp 450.00 per semester, SMP ke SMA Rp 600.000 per semester, SMA ke Perguruan Tinggi Rp 900.000 per semester. Bagi Diploma, Strata 1, 2 dan 3 mendapatkan Rp 1,2 juta per semester. (m18)

Syarat :
> Mengisi formulir yang bisa di dapatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kota Balikpapan yang beralamat di Kantor Walikota.
>Warga Balikpapan yang dibuktikan dengan KTP. Bagi yang belum mendapatkan belum cukup umur mendapatkan KTP, menggunakan Kartu Keluarga.
> Surat Keterangan Kelakukan Baik dan Tidak Narkoba dari Kepolisian/Kepala Sekolah/Perguruan Tinggi pemohon.
> Bersedia mematuhi ketentuan dan syarat-syarat yang telah ditentukan BPSDM
> Tidak menerima bantuan/beasiswa dari pihak manapun yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan di atas materai Rp 6.000 dan diketahui oleh orang tua/wali/dosen. Surat ini dibuat setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus oleh BPSDM.
> Lulus Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2006/2007.
> Nilai UAS dan UN minimal 7 per mata pelajaran.
> IPK Mahasiswa Non Eksakta minimal 3,25 dan mahasiswa eksakta minimal 3.
> Pendaftaran paling lambat 31 Juli.
> Untuk Lebih Lengkap Baca Pengumuman di BPSDM. (m18)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: