BPID Ambil Alih Seluruh Perizinan

Balikpapan, Tribun – Badan Promosi dan Investasi Daerah (BPID) akan mengambil alih secara bertahap seluruh perizinan di satuan kerja-satuan kerja (satker) yang lazimnya mengelola proses perizinan. Untuk jangka pendek, sekitar 13 perizinan yang ada di bawah naungan Unit Pelayanan Perizinan Terpadu (UP2T) mulai beralih ke BPID. Begitupun izin lingkungan di Bapedalda dan izin mendirikan bangunan (IMB) di Dinas Penataan Kota dan Pemukiman (DPKP) dan bagian perkotaan.
Namun nyatanya, pengambialihan itu masih harus menunggu surat keputusan (SK) Walikota tentang pelimpahan sebagian kewenangan walikota kepada BPID. Lembaga perizinan ini juga masih berkonsolidasi secara internal, melengkapi fasilitas seperti blanko-blanko berkop BPID dan menyiapkan gedung kantor. Kepala BPID Suryanto memperkirakan sekitar dua minggu tugas-tugas jangka pendek sudah mulai ditangani. Enam bulan kemudian BPID mulai menarik perizinan-perizinan baru. Walikota menargetkan Januari 2008 seluruh perizinan di Balikpapan diproses melalui BPID.
“Bagian-bagian dan staf satker terkait dengan perizinan akan menjadi unsur staf kita. Memang sangat banyak staf yang kita butuhkan, karena akan ada yang menangani izin tertentu, ada bagian lapangan, bagian yang khusus menangani investasi, promosi dan lainnya. Dua hari ini seluruh pejabat struktural dan staf berdiskusi dengan kami soal program-program. Baik jangka pendek dan panjang. Jangka pendek ini kita mengambilalih tugas UP2T sehingga praktis stafnya masuk ke BPID,” jelas Suryanto di Ruang Kerja sementara Kepala BPID di Ruang Tamu VIP, Rabu (11/7).
Kendati BPID belum bisa melaksanakan sepenuhnya tugas-tugasnya akibat belum turunnya SK dan tidak adanya kantor mereka, Suryanto menampik jika BPID dibentuk tanpa persiapan yang matang. Menurutnya, kondisi BPID yang masih dalam keadaan persiapan diakibatkan persetujuan dibentuknya BPID baru disetujui Dewan pada bulan Mei. Sehingga untuk mempersiapkan segala sesuatunya hanya diperlukan satu bulan.
“Bukan berarti dengan tidak adanya gedung kita tidak efektif melayani. Kita ini masih terus melakukan perbaikan (continues improvement) untuk memberikan kemudahan, waktu dipercepat dan persyaratan dikurangi. Ini akan menjadi pelayanan satu atap. Pelayanan satu atap bukan benar-benar atapnya satu. Dibandingkan yang lalu yang masih memakai pelayanan satu pintu sehingga pemprosesan izin masih tetap di satker. Kop surat izinnya satker. Di BPID, izin-izinnya dikeluarkan satu tempat semuanya kopnya BPID dan yang tandatangani kepala BPID kalau diperkenankan walikota,” terangnya.(lia)

Kewenangan yang dilimpahkan kepada BPID :
-Pemrosesan
-Penandatanganan
-Penerbitan
Pelayanan Perizinan yang akan ditangani BPID :
-Persetujuan prinsip
-Izin UKL/UPL
-Siteplan
-Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
-Izin gangguan/Izin Tempat Usaha (ITU)
-Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
-Izin Usaha Industri
-Tanda Daftar Industri
-Tanda Daftar Gudang
-Izian Kepariwisataan
-Izin Reklame
-Izin Usaha Jasa Konstruksi (lia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: