BSM Targerkan Rp 20 Miliar

BSM Targerkan Rp 20 Miliar

* Kredit Perumahan

* Tigkat margin mulai 7,8 persen

Balikpapan, Tribun – Bank Syariah mandiri (BSM) pusat telah meningatkan alokasi kredit perumahan hingga rp 700 miliar pada tahun ini. Di Balikpapan, kredit peruamah melaui produk Griya BSM ditargetkan mencapai Rp 20 miliar dengan tingkat marin mulai dari 7,8 persen. Sementara untuk besaran plafon pembiayaan maksimam Rp 5 miliar.

Berbeda dengan kredit perumahan bank konvensional yang mengikuti fluktuasi bunga pasar,  tawaran produk Griya BSM cukup menggiurkan. Mengunakan system jual beli dengan perhitungan tingkat margin yang berlaku. Pembyaran iccilan tidak naik turun alias flat.

Akad yang digunakan adalah akad Murabahah bank dan nasabah. Bank membeli barang yang dibuthkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah keuntungan margin yang disepakati.

‘Sistem kami (griya BSM-red) konsumen tingal menunjukan rumah yang akan dibeli, kami yang akan membeli ke pengembang. Selanjutnya kami menjual rumah tersebut kepada nasabah dengan harga rumah yang kami beli ditambah tingkat margin yang berlaku. Dibagi masa kredit yang diingikan nasabah. Itulah jumlah cicilan yang harus dibayarkan nasabah padsa kami,” ungkap Edi Dwi Efendi I ruang kerjanya, Kamis (12/4).

Lebih jauh mengenai Griya BSM. Edi mengatakan prosesnya cukup mudah dan cepat. Bahkan produk tersebut berlaku fleksibel yaitu tak hanya pembelian rumah baru tapi rumah seken. Jangka waktu pembiayan juga panjang atau diseusikan dengan kemampuan nasabah dengan fasilitasi autodebet dari tabungan BSM. Sehingga nasbah tak perlu direptkan menganter ke bank setiap bulan hanya untuk membayar cicilan pembelian rumah.(sar)

Persyaratan Pengajuan Griya BSM

* Berstatus karyawan pnghasilan tetap

* WNI cakap hokum

* Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun padsa saat jatuh tempo pembiayaan

* Maksimal pembiayaan 70 persen dari harga beli rumah

* Besar angsuran tidak melebihi 40 persen dari penghasilan bulanan bersih

 

Dokumen yang diperlukan

Foto kopi: KTP, kartu keluarga, surat nikah (bila suda menikah), tabungan/rekening Koran 3 bulan terakhir, NPWP untuk pembiayan diatas Rp 50 juta, rekening telepon, listrik, SHM/SHGB dan denah bangunan

Slip Gaji dan surat keterangan kerja.(sar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: