Kadin Balikpapan Akan Bangun BPR

> Investasi Rp 6 Miliar

Balikpapan, Tribun –  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Balikpapan dalam waktu dekat akan segera mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan sasaran lebih ke arah pemberdayaan pengusaha kecil dan mikro. Untuk itu, telah dipersiapkan investasi sebesar Rp 6 miliar dengan komposisi dana 50 persen dari BPD Kaltim, 30 persen Pemkot Balikpapan dan 20 persen Kadin. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Kadin Balikpapan yang juga Ketua Klinik Bisnis Balikpapan, Rendy Ismail di sela-sela coffee morning Kadin dan Pemkot Balikpapan, Rabu (11/4).
“Saat ini kita sedang menunggu terbitnya izin prinsip dari Bank Indonesia. Sementara pengajuan izinnya sudah sejak lama. Saya harap dalam waktu dekat, izin tersbeut sudah bisa diterbitkan,” ungkap Rendy.
Menurut dia, BPR yang akan dibangun Kadin tetap menggunakan sistem seperti bank konvensional lainnya. Karena pada dasarnya lembaganya merupakan lembaga Perbankan. Namun BPR kemungkinan akan lebih lunak dalam menyalurkan kreditnya ke masyarakat. Terutama pengusaha mikro kecil.
“Kami ingin kendala yang dihadapi para pengusaha mikro kecil dengan lembaga Perbankan dapat teratasi. Karena kelak, BPR akan lebih ke pengembangan sektor riil dengan sistem perkreditan yang lebih lunak,” ujar Rendy.
Dihubungi terpisah, Kepala Bank Indonesia Balikpapan, Causa Imam Karana mengatakan sangat welcome dengan niatan tersebut. “Sebelumnya memang sudah ada pembicaraan soal itu dengan Ketua Kadin Balikpapan, pak Zulbachrie dan saya mengatakan akan support keinginan mereka. Saya juga lagi nungu-nunggu realisasinya,” ujar Iman.
Terkait izin prinsip yang sedang ditunggu pihak Kadin, Iman mengaku pihaknya belum menerima surat pengajuan izin prinsip tersebut. “Belum, saya belum menerima surat pengajuan. Kemungkinan pengajuannya langsung ke Kantor BI pusat. Namun nantinya BI Balikpapan tetap dapat tembusan. Tapi sampai sekarang belum ada. Padahal 60 hari kerja setelah surat pengajuan masuk, akan langsung ada tanggapan dari kami,” ungkap Iman.(sar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: