KENALI TIPE DAN SIFAT PASANGAN ANDA

Karena setiap individu itu unik, masing-masing orang, lelaki maupun perempuan, tentunya memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Walau begitu, anda tentu bisa melihat kesamaan-kesamaan tertentu dari beberapa orang yang berbeda. Misalnya, ada lelaki yang cenderung pemarah, ada lagi beberapa lelaki yang cenderung pendiam dan seterusnya.Salah satu “pengelompokan” para lelaki tersebut adalah dengan melihat faktor apa yang paling berperan bagi mereka bila memikirkan sesuatu. Adalah Tracy Cabot PhD., penulis buku How to Make a Man Falls In Love with- You, yang membagi lelaki ke dalam 3 kelompok, yaitu tipe visual, auditif, dan perasaan. Menurut Cabot, pola pikir dan komunikasi untuk masing-masing kelompok amat khas. Dan bila mampu memahaminya, anda bisa “memenangkan” hatinya.

Tipe Visual
Menurut Cabot, lelaki tipe ini memiliki ciri khas memandangi sesuatu bila sedang memberi deskripsi. Misalnya, jika ia sedang menjelaskan bagaimana rupa kamarnya, ia akan melempar pandangannya ke kiri bila sedang mendeskripsikan tentang apa saja yang terdapat di dinding kamar sebelah kirinya, misalnya. Selain itu, pertanyaan netral tentang suatu keadaan biasanya ia jawab dengan kesan yang ia tangkap dari indera visualnya. Misalnya, jika anda bertanya “si anu itu orangnya gimana sih?”, ia akan menjawab dengan deskripsi fisik orang yang anda tanyakan. Lelaki tipe ini biasanya berpenampilan rapi dan menyukai keindahan.

Selain itu, mereka cenderung menyatakan sesuatu secara lugas dan langsung. Mereka juga cenderung sulit menangkap hal-hal yang tidak konkrit, dan amat menekankan detail. Dalam berkomunikasi, lelaki tipe visual menuntut lawan bicaranya menggunakan “bahasa” yang sama dengan yang digunakannya. Mereka juga cenderung lebih sulit “termakan” kata-kata rayuan, tapi langsung luluh jika anda mengubah penampilan sesuai dengan seleranya.

Jika anda ingin meluluhkan hati pasangan tipe visual ini, anda harus lebih memperhatikan aspek “pemandangan” dalam segala hal. Ajaklah si dia ke tempat-tempat eksotis yang akan bisa memanjakan indera penglihatannya. Selain itu, usahakan tampil semenarik mungkin dan tatalah rumah dengan rapi. Di ranjang, lelaki tipe ini akan terbakar gairahnya jika anda tampil seksi dengan pakaian dalam berenda yang indah.

Tipe Auditif
Lelaki tipe ini sangat dipengaruhi oleh indera pendengarannya dan dibandingkan dengan dua tipe lelaki lain cenderung lebih logis jalan berpikirnya. Ciri-ciri khas lelaki ini adalah deskripsinya akan sesuatu yang cenderung lebih menekankan pada sudut indera pendengaran. Misalnya, jika ia ditanya seperti apa keadaan rumahnya, ia akan mendeskripsikan dengan kata-kata yang memiliki karakteristik auditif, seperti tenang, tenteram atau berisik. Kesan yang pertama timbul tentang seseorang juga ia hubungkan dengan segi auditif ini. Misalnya, jawaban untuk pertanyaan “si anu itu orangnya bagaimana sih?”, cenderung ia jawab dengan deskripsi seperti cerewet, pendiam, banyak omong dan sebagainya.

Berbeda dengan lelaki bertipe visual, tipe lelaki satu ini kurang tertarik dengan pemandangan indah atau sejenisnya. la lebih tertarik kepada suara-suara indah yang menggugah daripada keindahan visual. Makanya, lelaki tipe auditif cenderung menyukai musik dan juga mudah terganggu oleh bunyi-bunyian yang mengganggu. Karenanya, ketika berkomunikasi dengan lelaki tipe ini, anda harus menjaga nada suara dan intonasi.

Jangan gunakan kata-kata yang kasar, karena-walaupun semua lelaki cenderung terganggu oleh kata-kata kasar yang diucapkan perempuan, lelaki auditif amat sensitif dengan kata-kata semacam itu. Untuk merayu lelaki auditif, anda bisa menyetel musik kesukaannya atau gunakan kata-kata rayuan. Itu jauh lebih mempan daripada penampilan yang “luar biasa”.

Tipe Perasaan
Lelaki tipe yang satu ini relatif lebih unik dibanding dua tipe lainnya. Pikiran mereka tidak terlalu dipengaruhi oleh rangsang auditif atau visual, tetapi lebih pada kesan apa yang ia rasakan terhadap kedua rangsang tersebut. Bagi kebanyakan perempuan, inilah tipe lelaki yang bisa dibilang penuh pengertian dan mau menyelami perasaan perempuan. Ciri khas dari lelaki tipe perasaan adalah deskripsinya tentang sesuatu yang menggambarkan perasaan yang ditimbulkannya, tanpa peduli itu rangsang auditif atau visual. Misalnya, mereka bisa sama-sama tergugah oleh puisi yang indah atau pemandangan matahari terbenam di pantai selama keduanya menimbulkan sensasi tertentu baginya.

Untuk menggambarkan seseorang kata-kata yang digunakannya mereka biasanya juga lebih banyak menggunakan deskripsi bersifat trait atau sifatnya secara garis besar, seperti menyenangkan, baik, sabar, dan sebagainya. Dengan lelaki tipe ini, anda bisa bicara dengan cara apa saja, lugas bisa, penuh dengan kata-kata yang berbunga-bunga juga oke.

Yang penting, tampilkan kesan kalau anda juga bisa memahami perasaannya. Sayangnya, lelaki tipe ini juga mudah meledak bila marah dan ekspresif dalam menyatakan apa yang ia rasakan. la tak akan malu-malu mencium atau memeluk anda di depan orang banyak jika ia benar-benar menyukai anda. Intinya, anda akan dengan mudah menebak bagaimana perasaannya kepada anda, karena ia juga tak segan-segan menunjukkan rasa tak sukanya. Untuk memikat pasangan dengan tipe ini, anda juga harus bersikap ekspresif. Belaian-belaian, sentuhan, ciuman, adalah rangsangan yang cocok untuk lelaki penuh perasaan ini.

Bagaimana mendeteksinya?
Anda bisa menebak lelaki tipe apa suami atau kekasih anda dari pekerjaan yang ditekuninya. Menuru Cabot, secara tak sadar lelaki sebenarnya memilih pekerjaan yang sesuai dengan indera yang pengaruhnya paling besar untuk dirinya.

Pekerjaan Visual
Tentu saja, pekerjaan yang ditekuni oleh para lelaki tipe ini pastinya berhubungan dengar indera penglihatan. Mereka umumnya cenderung
memilih profesi seperti fotografer, kolektor benda-benda seni, desain grafis, kameramen dan sebagainya, Selain itu mereka juga amat tertarik dengan hal-hal yang sifatnya teknik karena mereka amat menguasai hal-hal yang berhubungan dengan diagram.

Pekerjaan Auditif
Mereka amat menguasai kata-kata, bunyi-bunyian serta suara, sehingga
tak heran pekerjaan mereka pun banyak berhubungan dengan hal-hal tersebut. Pemusik adalah profesi khas lelaki tipe ini. Kalaupun tidak punya bakat dan keterampilan seni, mereka senang menjadi pengajar, penyiar radio atau aktor. Jika mereka adalah tipe pendengar aktif, pengacara adalah profesi yang paling tepat.

Pekerjaan Perasaan
Lelaki ini juga memiliki kesadaran fisik yang tinggi dan karenanya juga tertarik dengan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan fisik. Atlet adalah contoh profesi yang tepat menggambarkan kecenderungan mereka terhadap sesuatu. yang bersifat fisik. Jika bidangnya seni, maka pilihan profesinya adalah pemahat atau pematung, serta ahli pastry (menghias kue). Dokter atau ahli fisioterapis adalah profesi pilihan lainnya. Mereka juga biasanya merasa cocok dengan profesi konselor, psikolog atau penulis. posted by Rynaldi @ 3:39 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: