Mazda New Tribute Diluncurkan di Plaza Balikpapan

> Mobil SUV, Penyempurnaan Dari Tribute Edisi Lama
Balikpapan, Tribun – Pasar mobil kelas SUV (Sport Utility Vehicle) bakal makin sesak. Hanya berjarak satu bulan setelah kemunculan Honda All New CR-V yang dilaunching Februari lalu, Mazda memperkenalkan mobil terbarunya yang juga masuk kategori SUV, Jumat (30/3). Bertempat di atrium Plaza Balikpapan, mobil yang diberi nama New Tribute itu diperkenalkan secara langsung oleh President Directur PT Mazda Motor Indonesia Yoshinori Nishihara.
“Kehadiran New Tribute akan menjadi pilihan alternatif bagi pasaran kendaraan SUV di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur,” ujarnya di hadapan para tamu undangan dan pengunjung mal.
Di kelas SUV, New Tribute harus bisa bersaing dengan kompetitornya yaitu Honda CRV, Nissan X-Trail dan Ford Escape. Namun, Mazda mengaku optimis bisa merebut sebagian pasar SUV dengan keunggulan yang ditawarkannya.
Setelah resmi diluncurkan, mobil dengan lima tempat duduk yang merupakan penyempurnaan dari Tribute edisi lama akan dipamerkan di lantai dasar mal hingga hari ini, Minggu (1/4).
Di tempat terpisah, Astrid Ariani, Brand Communication Manager Mazda Motor Indonesia menungkapkan bahwa New Tribute hanyalah awal dari sederet mobil baru yang akan diluncurkan Mazda di sepanjang 2007.
“Sejak Mazda beralih dari Indomobil menjadi seratus persen milik Mazda Jepang, kami sudah mempersiapkan sederet model Mazda untuk diluncurkan tahun ini. Setelah New Tribute, dua bulan lagi kami akan merilis secara bertahap sedan Mazda 3, Mazda 5 MPV, Mazda CX7 dan mobil pick up BT 50,” ujarnya. (fix)
Spesifikasi Mazda New Tribute
Tipe Mesin    : DOHC 16V SEFI
Dimensi    : 4,400 x 1,825 x 1,765 meter
Kapasitas tanki : 61 liter
Warna        : Panther Black, Magnetic Silver, Subline, Infra Red, Diamond White,
Platinum, Jeans Blue
Interior    : Radio AM/FM, Built in CD, 6 speaker, AC, SRS Airbag, Dashboard lebih minimalis
Harga        : Rp 279.000 (tipe 4×2) dan Rp 339.000 (tipe 4×4). (fix)

“Mobil Keluarga Masih Diminati”
> Avanza Terjual 40 Unit per Bulan di Balikpapan
Tren otomotif sepertinya sedang mengarah ke city car alias mobil kota. Namun, ukuran dan kapasitas city car yang terbatas, membuat orang lebih memilih mobil keluarga yang dalam istilah otomotif dikenal juga dengan nama Multi Purpose Vehicle (MPV).
Tahukah Anda, di Toyota Auto 2000 Balikpapan, mobil keluarga ini laris manis diserbu pembeli. Menurut Ilyas Fajar, Branch Manager Astra Auto 2000, setiap bulannya rata-rata penjualan mobil keluarga mencapai 70 unit, yang terdiri dari 40 unit Toyota Avanza dan 30 unit Kijang Innova.
“Masyarakat kita memiliki budaya kekeluargaan. Sukanya jalan-jalan dan belanja bersama keluarga, membuat kebutuhan akan mobil berkapasitas besar terus meningkat,” ujar Ilyas, Sabtu (19/5).
Menurutnya, Innova telah melekat di benak pengguna mobil sebagai mobil keluarga yang bergengsi. Sementara Avanza lebih menarik karena untuk kelas Toyota, mobil seharga Rp 115 jutaan ini memiliki harga paling terjangkau.
Kebutuhan akan mobil keluarga yang tinggi, membuat Toyota Balikpapan berhasil menduduki peringkat pertama dalam market share penjualan semua merk dan tipe mobil.
“Akumulasi dari Januari hingga Maret 2007, kami berhasil menguasai hampir 40 persen market share mobil di Balikpapan,” ujar Ilyas. (fix)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: