Angin Gusti Diwaspadai Mengamuk di Kalimantan Timur

* Mampu  Rontokkan Gedung dan Rumah dan Pemicu Bencana Alam

Balikpapan, Tribun – Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi (BMG) Balikpapan memperingatkan kepada perusahaan jasa angkutan pelayanan, nelayan dan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk mewaspadai kenaikan gelombang air pasang  yang dibarengi hujan petir intensitas tinggi beberapa hari ke depan. Yang paling diwaspadai adalah amukan angin gusti yang berbahaya.
Kepala Stasiun Meteprologi Balikpapan, Syamsul Huda mengatakan, curah hujan yang tidak menentu ditandai variasi hujan dan  panas yang diprediksi muncul sejak Bulan Mei 2007 terus dipantau seiring pergerakan matahari yang cendrung  lebih dominan di sebelah utara Khatulistiswa. Fenomena ini menandakan bagian utara akan mengalami pemanasan bumi lebih besar di bagian utara sehingga terjadi perubahan pola angin untuk wilayaha Kalimantan khususnya Balikpapan turut berubah ditandai tiupan angin dari tenggara ke selatan.
Kondisi alam demikian dikhawatirkan menimbulkan kenaikan gelombang air pasang laut yang menyerang dari selatan Jawa, Sumatera hingga Nusa Tenggara Timur. Indikasi kenaikan air pasang ini menimbulkan ombak besar yang bisa  membahayakan keselamatan perjalanan pelayaran laut dan masyarakat.
“Memang ada sedikit peningkatan sedikit naik pasang yang berarti  ombaknya lebih besar karena permukaannya lebih tinggi yang mungkin mempengaruhi  rumah diatas laut.  Air pasang yang relatif tinggi tidak diakibatkan cuaca itu sendiri. tapi peristiwa Astronomi,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya Senin (21/5).
Dijelaskan, dalamkajian ilmu astronomi, pergerakan perubahan gelombang air pasang itu sulit diperkirakan. Namun apabila tiba-tiba terjadi perubahan posisi matahari, bumi dan bintang sedemikian rupa mempengaruhi  gravitasi bumi yang berakibat pemicu air pasang di perairan bisa lebih tinggi lagi. Sedang diwaspadai  gerakan angin selatan di kalimantan selatan yang akan berimbas ke Kalimantan timur
“Kalau beberapa hari ke depan ada perkembangan angin selatan akan mempengaruhi tinggi gelombang air pasang. Estimasi kenaikannya yang dari biasanya  setengah sampai satu meter akan  mencapai satu setengah meter,” jelasnya.
Ketinggian ombak laut di perairan kalimantan Timur akan makin tinggi lagi apabila tiupa  angin selatan makin besar.
BMG belum mengeluarkan maklumat bahaya terhadap fenomena ini. Berhubung perubahan situasi alam itu berada di luar kalimantan timur. Namun pemilik rumah pesisir pantai dan nelayanan dan perusahaan jasa pelayaran diimbau waspada terhadap imbas angin selatan tersebut.
Nelayan diimbau berhati-hati ketika berlayar di malam hari yang rawan kenaikan gelombang ombak air pasang terutama pada malam hari. Tanda-tanda yang perlu dicermati adalah awan mendung,  hujan deras disertai kilat petir  pada sore hari disarankan untuk berhati-hati melakukan perjalanan laut pada malam harinya. Curah hujan bisa mencapai 150 milimeter yang diprediksi mencapai Bulan Juli 2007.
Perusahaan jasa  pelayaran penumpang dan barang juga diimbau berhati-hati mencermati fenomena alam tersebut. Karena perubahan gejala alam yang bisa terjadi mendadak beresiko menimbulkan kecelakaan di laut. Bahaya paling tinggi saat ini dicermati di kawasan laut Jawa.
“Kalau kapal bertonase besar tak ada masalah, Yang perlu berhati-hati adalah kapal bertonase kecil. Apabila ingin mengadakan pelayaran perlu informasi cuaca ke depan,” jelasnya
Bahaya musibah pelayaran diyakin sewaktu-waktu dapat timbul. Menurut estimasi BMG kecepatan angin cendrung meningkat dari  5-10 knot ke 15-20 knot yang dapat  timbul kondisi sesaat dan tidak terduga.
Yang paling diwaspadai dari kenaikan kecepatan angin ini adalah bahaya terjangan angin gusti. Di beberapa daerah lain, Angin Gusti ini  merontokkan gedung, rumah dan musibah bencana alam di daerah lain.  Terjangan angin gusti itu berpeluang timbul saat kondisi awan CB makin menebal yang memicu  amukan angin gusti di Kalimantan Timur.
Syamsul Huda menerangkan fenomena awal gejala angin gusti itu sudah terasa di Kalimantan Timur termasuk Balikpapan. Imbasan angin Gusti dari laut bebas sudah terdeteksi di  di kawasan teluk, Pantai Manggar,dan lepas pantai.
Fenomena lain yang tengah diwaspadai BMG adalah Intensitas awan yang ke depan akan sering muncul awan kumulolimbus yang bentuknya seperti tumpukan awan yang menjulang. Semakin banyak awam kumulolimbus ini mempertinggi intensitas curah hujan deras. Itu berpengaruh pada timbulnya petir. Kadang kala situasi itu diselingi temperatur udara yang panas yang memancarkan radiasi tinggi.
“Kaai harap masyarakat lebih banyak perhatikan perkembangan cuaca terutama dalam hal melakukan aktifitas apalagi bepergian jarak jauh,” imbaunya.
Peralatan yang dipakai Meteorologi Balikpapan dalam pemantauan fenomena alam ini antara lain Animometer, Barometer, Termohigrometer, Rain Cauge, dan Termometer dan peralatan penunjang lainnya.(rid)

Prediksi Cuaca, Iklim Sampai Juli 2007
Curah hujan  :         150 milimeter
Kecepatan Angin :     15-20 knot
Intensitas Awan     Kumulolimbus
Sumber : Stasiun Meteorologi Balikpapan.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: