Awan Tebal Beresiko Ganggu Penerbangan Ke Pedalaman Kaltim

* Ketinggian Ombak Laut capai 2 Meter

Balikpapan, Tribun – Cuaca buruk akan melanda kawasan kabupaten kota di Kalimantan Timur khususnya pedalaman. Kondisi  ini berpotensi menimbulkan kecelakaan penerbangan yang terbang menggunakan pesawat kecil sejenis cassa dan sejenisnya. Untuk perjalanan laut ketinggian ombak mencapai 2 meter.
Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMG Stasiun Meteorologi Balikpapan Raden Ishak mengingatkan, agar mewaspadai perubahan cuaca dan iklim pada beberapa hari ke depan.
Curah hujan pada kabupaten kota di Kalimantan timur rata-rata mengalami hujan-shower dengan intensitas hujan, berawan dan cerah secara bergantian. Insensitas iklim banyak ditentukan dari tiupan angin selatan yang pada siang hari memiliki kecepatan 8-15 knot. Temperatur rata-rata 32 derajat celcius.
Ketinggian air laut pada perubahan iklim dan cuaca itu pada Juli sampai Settember mencapai 2 meter yang didorong oleh tiupan angin dari selatan. BMG mengingatkan agar pengguna transportasi pelayaran mewaspadai timbulnya ombak besar yang muncul tiba-tiba terutama di kawasan laut lepas.
“Umumnya banyak awan di daerah pantai di Tanjung Selor, Berau, Samarinda, Balikpapan dan Sangatta. Penerbang harap hati-hati terutama menggunakan pesawat kecil ketika terbang dibawah 20.000 feet. karena diperkirakan akan turun hujan disertai guntur dan awan tebal yang menimbulkan jarak pandang kurang dari 100 meter. Frekwensi hujang itu tiba-tiba dan berlangsung dalam tempo singkat antara 1-2 jam,” terangnya, Rabu (18/7).
Bagi pengguna perjalanan darat diimbau untuk memperhatikan cuaca saat melewati jalan berat berlumpur pada saat turut hujan yang muncul tiba-tiba ke depan. Beberapa kawasan pedalaman antara lain jalan Sangatta-Wahau dan daerah pedalaman lain akan mengakibatkan  kendaraan terjebak lumpur dalam dan tidak bisa keluar sampai lahan kering. “Disarankan agar mengetahui  dulu kondisi cuaca di tempat tujuan sebelum berangkat,”terangnya.(rid)

Prakiraan Curah dan Iklim Kalimantan Timur
Temperatur rata-rata 32 C
Kecepatan angin 8-15 knot
Ketinggian Gelombang pasang 1,5 – 2 meter.
Kumpulan awam tebal di kawasan pedalaman.
Jarak pandang di udara kurang dari 100 meter.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: