Sendawar Belum miliki stasiun meterologi

* Perubahan Cuaca Sendawar Sulit Terpantau

Bailkpapan, Tribun – Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMG Stasiun Meteorologi Balikpaan Raden Ishak mengatakan, pemantauan cuaca yang terbang dari bandara  Sendawar masih sulit terdeteksi.  Belum adanya stasiun meterologi  pada bandara penerbangan daerah tersebut yang menjadi kendala deteksi perubahan cuaca.
“Meskipun Sendawar sudah melayani penerbangan komersial, tapi belum ada meteorologinya. Ada tower  hanya untuk pengamatan visual tapi tidak dibekali  alat meterologi dari BMG sehingga informasi belum disajikan secara tepat,” katanya, Senin (11/6).
Dijelaskan, pemantauan cuaca secara pengamatan langsung memiliki kelemahan. Antara lain sulit mencermati perubahan awan yang tiba-tiba menggumpal dan berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan. Apabila maskapai penerbangan memaksakan terbang menembus daerah awan konvektif tersebut berakibat pada hilangnya jarak pandang, angin, down-drag, dan hal lain yang membahayakan  keselamatan penumpang dan awak penerbangan.
BMG merekomendasikan agar pesawat ukuran kecil yang menerbangi rute dari dan ke Sendawar untuk mewaspadai awan konvektif tersebut. Gumpalan awan itu makin banyak terutama pada masa peralihan di Bulan Juni 2007. “Sebelum berangkat ke sana (Sendawar-red), sebaiknya foto satelit yang bisa dipantau dilihat tiap 2 jam.. Sebelum berangkat kita sudah mengetahui posisinya supaya  bisa menghindar,  ” jelasnya
Tapi pemantauan satelit itu kini terkendala geografis, mengingat jarak pemantauan yagn terlalu jauh. Mengingat kepadatan lalu lintas penrbangan tersebut, keberadaan kantor meterologi makin diperlukan apalagi dipantau oleh petugas BMG yang khusus menangani deteksi dini tersebut. “Sebaiknya ada petugas meterologi di sana, ” jelasnya.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: