Proyek Puskesmas

Proyek :
18 Kontraktor Perebutkan Paket Proyek Puskesmas
* Proyek pembangunan  Mekar sari dan Rehabilitasi puskesmas  dan Lamaru

Balikpapan, Tribun – Dari 34 kontraktor yang mengambil berkas penawaran paket pelelangan paket pembangunan baru Puskesmas Mekar Sari dan paket Rehabilitasi Puskesmas Lamaru, sampai penutupan penawaran hanya 18 kontraktor yang melengkapi berkas dan mengajukan penawaran ke Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.
Paket proyek pembangunan dan rehabilitasi dua puskesmas tersebut mencapai Rp 715.000.000. Terdiri  atas Paket Pembangunan Baru Puskesmas mekar Sari  dengan pagu proyek Rp 467.500.000. dan Paket Rehabilitasi Puskesmas Lamaru.  berpagu. Rp 247.500.000.
Ketua panitia lelang Noveriatin mengatakan, pelelangan paket proyek pengerjaan dua rumah sakit tersebut sempat terjadi penundaan Aanwidzing yang dijadwalkan semula 5 Juli menjadi 6 Juli 2007. Tertundanya Aanwidzing itu terkait keberatan kontraktor yang meminta perpanjangan waktu  pemasukan berkas. Sampai batas waktu penutupan pemasukan berkas, tidak semua kontraktor mengajukan penawaran.
“Sebenarnya ada 20 kontraktor yang berminat mengikuti paket proyek pembangunan Puskesmas Mekar Sari. Dari jumlah tersebut, hanya 10 yang mengembalikan berkas persyaratan. Lima kontraktor mundur dan sisanya lima kontraktor tak ada kabarnya. Demikian juga dengan penawaran Rehabilitasi Puskesmas Lamaru. Dari 14 kontraktor yang berminat, yang mengembalikan berkas dan memenuhi persyaratan sebanayk 8 kontraktor. dan sisanya tak ada kabarnya,”katanya, Selasa (17/7).
Alasan kontraktor yang mengundurkan diri antara lain kesulitan menghitung analisa harga satuan dan kendala teknis proyek lain yang belum bisa dipenuhi.
Panitia lelang  melakukan evaluasi administrasi dan teknis terhadap penawaran tender yang diajukan 18 kontraktor tersebut. Dokumen yang tengah diverifikasi meliputi keabsahan dokumen kualifikasi mencakup ijin usaha, SBU, akte pendirian perusahaan, SIUJK. Masa evaluasi itu berlangsung selama 7 hari.
Diantara dua proyek  puskemas tersebut, panitia lelang telah selesai menyeleksi mengenai calon pemenang paket pelelangan paket pembangunan puskesmas Mekar Sari. Calon usulan pemenang itu diajukan kepada pengguna jasa dalam hal ini kepala dinas kesehatan. Pemenang Lelang akan diumumkan setelah mendapat persetujuan pengguna jasa.
Untuk paket proyek rehabilitasi puskesmas lamaru sedang diverifikasi dan dievaluasi keabsahan dokumen persyaratan administrasi dan teknisnya. Penetapan usulan calon pemenang akan didasarkan sesuai jadwal 19 Juli 2007.
“Usulan calon pemenang adalah urutan penawar terendah dan lolos uji verifikasi kelengkapan administrasi dan teknis. Diajukan satu calon pemenang dan dua cadangan,” terangnya.
Konstraktor yang masuk daftar cadangan akan ditunjuk sebagai pelaksana proyek apabila calon pemenang mengundurkan diri atau tidak memenuhi persyaratan pelelangan.(rid)

Jadwal Pelelangan
Evaluasi Admininstrasi dan Teknis     10-18 Juli 2007
Usulan calon pemenang         19 Juli 2007
Penetapan pemenang             20 Juli 2007
Masa sanggah                 23-31 Juli 2007
Pengumuman pemenang         1 Agustus 2007
Penanda tangan kontrak         2 Agustus.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: