Realisasi APBD semester 1

Bagian Keuangan Pemkot :
Realisasi APBD  30 Persen
>Semester Awal Masih Dalam Tahap Tender

Balikpapan, Tribun – Memasuki semester pertama, realiasasi pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 926,6 miliar, baru terserap sekitar Rp 296,76 miliar atau hanya sebesar 32 persen. Sementara realiasi belanja APBD dari total Rp 1,2 triliun yang terserap hanya sekitar Rp 399,9 miliar atau 30,89 persen.
“Karena yang terseraop baru antara 30-32 persen dan belum mencapai 50 persen, itu berarti penyerapannya masih rendah. Kendala penyerapan yang rendah ini disebakan antara lain  karena masih banyaknya proyek-proyek dalam tahap-tahap lelang. Sedangkan pengerjaan kegiatannya sekitar bulan- bulan depan,” jelas Kabag Keuangan Darmansyah, di Ruang Kerjanya, Selasa (17/7).
Lebih lanjut disebutkan Darmansyah bahwa alokasi anggaran belanja yang paling banyak terealisasi karena anggaran pembiayaan gaji PNS tidak bisa tertunda. Dari anggaran yang disediakan sebesar Rp 214,2 miliar, yang terserap sekitar Rp 95,1 miliar atau 44 persen. Kemudian menyusul belanja barang dan jasa sekitar Rp 254 miliar yang terealisasi sekitar Rp 84,6 miliar atau sebesar 33,30 persen.
“Besaran realisasinya masih dalam batas-batas kewajaran. Memang yang terealisasi sampai dengan semester satu sebesar itu. Meski begitu, laporannya kita sudah siapkan. Bukunya sudah ada tinggal kita sampaikan. Ini merupakan pertanggungjawaban terhadap uang yang telah kita digunakan. PP No 58 Tahun 2005 mengamanatkan itu,” tuturnya.
Darmansyah optimis menjelang akhir tahun realisasi sudah mencapai 100 persen. Ia tak ingin terjadi lagi ada dana luncuran seperti tahun 2007. Ia akui tahun 2006 beberapa proyek tak terserap dengan baik. Toh, ia menganggap bukan sepenuhnya salah satuan kerja perangkat dinas (SKPD). Pasalnya, banyak proyek yang dianggarkan di penghujung tahun. Dana luncuran tahun 2007 sekitar Rp 238 miliar.
“Proyek luncuran itu tidak semuanya kita kerjakan tahun ini karena sebelumnya sudah ada yang direalisasikan sebagian. Kita optimis tahun 2008-2009 tidak aakan ada lagi dana luncuran,” tandasnya.(lia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: