Pemilihan Rektor

Pemilihan Rektor :

Tiga calon bersaing jadi Rektor Uniba
* Muhdar : Uniba harus berubah
balikpapan, tribun – Universitas balikpapan akan melangsung pemilihan rector Sabtu (21/7). Tiga kandidat kita disebut-seubt berpeluang menjadi rector. Mereka adalah Eliyano Lasam, Muhdar serta Sujinan.Salah satu kandidat M Muhdar mengaku baru mengiyakan ikut suksesi rector sekitar dua minggu lalu. Itupun setelah ada dorongan dari rekan-rekannya yang duduk di senat.
‘Saya siap ikut pemilhan,” kata Mudar
Dorongan sesame anggota senat, salah satu alas an mantau keuta panwaslu kaltim ini ikut pemilihan karena ingin mencptakan demokratisai di kapus.

Meski belum bicara banyak soal rencana ke depan, iak ia teprilih menjadi rector namun muhdar menegaksn usia yang kini tua. Uniba harus ada perubahan. “harusnya uniba itu sudah brubaha dengan usia sudah 25 tahun,” uarnya. Dalam pemilihan rector nanti dari 20 anggota senat hanya 18 yang diperkirakan memberikan skor. Karena dua anggota senat yaitu Eliyuano dan Muhdar masuk kandidat rektor.(rdi)

 

Rektor terpilih harus tandatangani Kontrak Politik
* Mahaiswa uniba tak tahu Ada pemilihan
Idealnya seperti apa ? Tahu nggak ? Apa dilibatkan ?

Sejumlah mahasiwa universitas mengaku kaget terhadap rencana pemilihan rektor Uniba Sabtu (21/7). Selama ini mahasiswa tak pernah mendapatkan sosialisai rencana pemilihan. Mereka pemilihan rektor ini tidak transparan.
Melalui Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM), mahasia Univa menuntut transparansi pemilihan rektor, meminta sosiasli visi misi kandidat dan rektor terpilih harus menandatangai kontrak politik.

Tak boleh terjebak urusan Admininstrasi
* Dialog Terbuka Calon Rektor Uniba
Genderang Pesta Demokrasi di Universitas Balikpapan (Uniba) telah ditabuh. Selebaran- selebaran yang berisi profile para calon Rektor Uniba 2007-2011 mudah ditemui di papan informasi kampus. Kemarin, Sabtu (21/7), Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor mulai mengenalkan semua calon rektor kepada seluruh civitas Akademika melalu dialog terbuka di gedung pertemuan Uniba. Tak hanya komitmen dalam peningkatan kualitas pendidikan, kemampuan bahasa Inggris mereka pun diuji.
Dialog yang dipandu Redaktur Pelaksana Tribun Kaltim Priyo Suwarno itu diawali dengan penjelasan dari ketiga calon selama 10 menit. Mantan Pembantu Rektor (PR) I Uniba Muhamad Muhdar SH, M Hum yang diberi kesempatan pertama membeberkan rencananya untuk melakukan revitalisasi kelembagaan internal, program studi dan lainnya serta mempromosikan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan.
“Kita bertanggung jawab untuk mencerdaskan seseorang, dari tidak tahu ke tahu, dan lainnya. Pendidikan itu bukan hanya ijazah, kita jangan silau dengan gelar. Tapi kita tidak boleh mengkhianti prosesnya, itu yang saya maksudkan kemanusiaan,” ucap Mudhar. Ia juga mengatakan bahwa Rektor tidak boleh terjebak dalam urusan administrasi, tapi Rektor mempunyai tugas untuk menjual Uniba keluar. “Jjadi kerjanya harus keluyuran bukannya diam ditempat,” kata Muhdar.
Setelah itu, calon kedua Prof DR Ellyano S Lasam SE, M Si menjelaskan mimpinya. Peningkatan kualitas para pengajar dengan menyekolahkan dosen-dosen Uniba menjadi janjinya. “Dalam aturan, tenaga pengajar S1 harus berkualifikasi S2, karena itu dosen-dosen kita akan kita sekolahkan,” ucapnya. Kesempatan 10 menit terakhir diberikan kepada Sudjinan SE, M Si. Sudjinan dengan tegas mengungkapkan niatnya untuk meningkatkan akreditasi Uniba dari C ke B. Karena itu, menyekolahkan para dosen adalah prioritasnya. Ia mengakui bahwa saat ini, kerjasama antara PR, Dekan dan PD tidak berjalan baik. Sama halnya dengan kerjasama antar fakultas.
Setelah penjelasan visi dan misi, digelar dialog terbuka. Pertanyaan seputar peningkatan kapasitas dosen, kejelasan status karyawan, pendanaan, perpustakaan, promosi dan lainnya terungkap dalam dialog. Tak hanya itu, kemampuan Bahasa Inggris para calon rektor pun diuji. Dari ketiganya, hanya Muhdar yang menjawab dengan bahasa Inggris. Sisanya, Ellyano dan Sudjinan “menyerah” sebelum pertanyaan dari mantan dosen FKIP itu habis.
“Maaf, saya tidak mengerti Bahasa Inggris. Pakai Bahasa Indonesia saja. Kalau jadi Rektor, saya akan angkat orang sastra Inggris untuk jadi PR IV. Jadi kalau ada tamu dari luar biar dia saja yang menghadapi. Gitu aja ko repot,” kata pria kelahiran Jombang ini yang disambut tawa hadirin. Acara yang dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Gunawan Wibowo itu menjadi tolok ukur anggota Senat Universitas untuk menilai para calon. Hasilnya akan diberikan ke pihak Yayasan dan Yayasan yang akan menentukan Rektor Universitas swasta terbesar di Balikpapan ini. (m18)

“Mahasiswa Tawarkan Kontrak Politik”
Ellyano Tak Mau Tandatangan
Balikpapan, Tribun – Usai Dialog Terbuka dengan civitas akademika Universitas Balikpapan (Uniba), Sabtu (21/7), ketiga calon Rektor Univa periode 2007-2011 itu lalu “dikejar” para mahasiswa. Mereka menawarkan kontrak politik yang didukung empat lembaga kemahasiswaan kepada para calon Rektor tersebut.
Target pertama adalah Mantan Pembantu Rektor (PR) I Uniba Muhamad Muhdar SH, M Hum. Pasalnya, dalam dialog terbuka, Muhdar mengungkapkan keinginannya untuk menandatangani kontrak politik itu sepanjang masuk akal. Ditemui diruang Fakultas Hukum Uniba, pria ini lalu membaca kontrak politik yang berisi lima tuntunan. “Tak ada yang aneh kok, dalam kontrak politik ini. Semuanya adalah hal yang wajar,” ucapnya seraya membubuhkan tandatangannya.
Setelah itu, mahasiswa bergerak ke Ruang Rektor Uniba untuk menemui Prof DR Ellyano S Lasam SE, M Si. Dengan tegas, Ellyano menolak menandatangani kontrak politik itu. “Seperti yang saya katakan di forum tadi, ini kan sudah ada dalam aturan-aturan Universitas mengenai hak dan kewajiban. Lalu untuk apa lagi saya menandatanganinya. Apa anda meragukan komitmen saya ? Toh selama ini saya sudah laksanakan itu dengan baik,” kta Ellyano. Ia tetap kukuh dengan pendapatnya walaupun mahasiswa telah berupaya memberikan penjelasan.
Gagal dengan Ellyano, mahasiswa lalu mencari Sudjinan SE, M Si di ruang Fakultas Ekonomi. Tak mendapati di ruang itu, mereka pun mencari diareal parkir. Sudjinan yang baru saja masuk ke mobilnya kemudian dicegat. Usai membacanya, Sudjinan yang awalnya menolak saat dialog terbuka ini kemudian turut menandatangani kontrak politik itu di atas kap mobilnya.
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniba Dimas menjelaskan bahwa kontrak politik ini digunakan untuk “mengikat” apabila para calon Rektor menjadi Rektor. “Kalau mereka melanggar apa yang ada didalam kontrak politik. Kami akan mengingatkannya kembali dengan membawa kontrak politik ini ke mereka,” kata Dimas.(m18)
Isi Kontrak Politik
1. Bersedia mewujudkan transparansi dan optimilisasi uang gedung sebagaimana mestinya.
2. Komitmen dalam pembangunan kampus dan pemeliharaan.
3. Evaluasi terhadap sistem pendidikan Uniba (meningkatkan kedisplinan dosen).
4. Transparansi pengunaan dana UKM.
5. Meningkatkan sarana dan prasarana perkuliahan. (m18)

Empat Lembaga Yang Mendorong Kontrak Politik :
1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniba.
2. Majelis Perwakilan Mahasiswa Uniba.
3. UKM Cinta Islam.
4. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum (m18)

“Hasil Fit and Propert test dimenangkan Ellyano”
>Nasir : Ini bukan hasil akhir
Balikpapan, Tribun-Tes uji kepatuhan dan kelayakan atau Fit and Propert test yang merupakan salah satu cara penilaian untuk pemilihan Rektor Universitas Balikpapan (UniBa) tahun 2007-2011 dilaksanakan hari senin (23/7). Tes ini di hadiri 3 calon Rektor dan para anggota senat Uniba.  Para calon rektor  secara bergiliran diberikan waktu selama beberapa menit untuk menjelaskan visi dan misi mereka setelah itu para senat akan memberi pertanyaan yang akan dijadikan penilaian apakah mereka layak atau tidak menjadi rektor Uniba.Anggota senat sendiri terdiri dari dosen-dosen yang mempunyai jabatan di Uniba.  Hasil dari Rapat ini yang nantinya akan diberikan kepada Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan sebagai bahan pertimbangan untuk pemilihan rektor.
Test dilangsungkan pada sekitar pukul 08.00 s/d 16.30 wita. Dihadiri ketua oleh ketua yayasan Gunawan Wibowo, anggota senat dan perwakilan dari BEM Uniba. Para senat yang berjumlah 20 orang sedangkan yang menghadiri rapat berjumlah 17 orang, Menurut Mohamad Nasir selaku ketua panitia pemilihan rektor Uniba, jumlah ini sudah sesuai dengan aturan yang ada. ” Rapat senat bisa dilangsungkan apabila 2/3 dari anggota senat hadir dalam ruang rapat,” ujarnya.
Untuk para calon rektor, diadakan pengundian yang menentukan giliran mereka  dalam menyampaikan misi dan visi mereka masing-masing. Untuk giliran pertama, jatuh kepada Muhammad Muhdar SH, M Hum, diikuti oleh Sudjinan, SE, M Si, dan yang terakhir Prof  Dr Ellyano S Lassam SE, Msi.
Menurut Abdul Samad, SE MM selaku anggota senat mengatakan merasa puas dengan jawaban- jawaban yang diberikan oleh ke tiga calon rektor. Bahkan menurutnya ketiga calon ini mempunyai visi dan misi yang tajam dan sesuai dengan keinginan para senat.
Penilaian anggota senat terhadap calon rektor meliputi 6 indikator yaitu: Integritas komitmen, wawasan, kepemimpinan, kemampuan manajerial dan kemampuan bekerjasama. Masing-masing indikator mempunyai nilai 1-100. Artinya para senat bisa memberikan nilai antara 1s/d 100.
Setelah melalui beberapa proses,  persaingan ketat terjadi pada saat pengumuman nilai terbanyak masing-masing calon. Akhirnya rapat senat menyebutkan nama Ellyano sebagai pemilik nilai tertinggi dan diikuti Muchdar diurutan kedua dengan perbedaan nilai yang sangat tipis. Meskipun hasil Fit and Propert test  menunjukkan Ellyano di urutan pertama, tetapi kesempatan kedua calon yang di urutan kedua dan ketiga masih ada. Ellyano sendiri mengaku belum bisa memastikan dia yang bakal menjabat sebagai rektor unmul. “belum bisa mengatakan puas dengan hasil ini, karena belum keputusan akhir, apalagi ini menang tipis saja,” ujarnya. Menurutnya lagi ia siap menerima keputusan apapun dari yayasan.
Menurut Mohamad Nasir selaku ketua panitia pemilihan rektor Uniba, tugas senat itu ialah mengusulkan nama calon yang layak menjadi rektor dan memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada yayasan dan yayasan yang menentukan siapa yang menjadi rektor Uniba. “Yayasan yang akan menentukan siapa yang memegang jabatan rektor,”.
Saat di konfirmasi kapan pengumuman dari yayasan tentang siapa pemegang jabatan rektor uniba 2007-2011, Nasir hanya mengatakan “bulan agustus kemungkinan sudah bisa dipastikan,”.   (mg1)

“Rektor Tak Cari Uang”
> Yayasan Cari Rektor Yang Mau Bekerjasama
Balikpapan, Tribun – Rektor yang mau bekerjasama dengan Yayasan yang akan dipilih oleh pihak Yayasan. Rektor juga tidak akan diberikan beban mencari dana, karena ini adalah tugas Yayasan. Tugas Rektor yang utama adalah meningkatkan kualitas pendidikan Uniba. Demikian diutarakan
Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan (Yayasan yang memiliki Uniba) Gunawan Wibowo disela-sela fit and proper test (uji kelayakkan, red) calon Rektor di Kampus Uniba, Senin (23/7).
“Hasil uji kelayakkan ini akan menjadi masukkan bagi kami saat rapat pengurus Yayasan nanti. Namun, yang pasti, kami dari pihak Yayasan ingin mencari Rektor yang dapat bekerjasama dengan kami sebagai pemilik Uniba, dengan Pembantu Rektor (PR), Dekan dan civitas akademika lainnya, termasuk mahasiswa” ucapnya. Gunawan juga menambahkan, nantinya, Rektor periode 2007-2011 akan mempunyai tugas bagaimana cara untuk menciptakan lulusan yang berkualitas. “Tugas Rektor itu bagaimana mendapatkan dosen yang bagus, metode pengajaran yang baik dan lainnya. Biar kualitas pendidikan di Uniba semakin baik,” ucapnya.
Rektor Uniba akan dipilih dalam Rapat Yayasan yang terdiri dari pengurus Yayasan dan Institusi pendiri Yayasan. Tiga institusi pendiri itu yakni, Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Purnawirawan ABRI, Dewan Pimpinan Kolektif Kosgoro dan Yayasan Darma Wirawan. “Kita juga minta masukkan dari Pa Imdaad (Walikota Balikpapan, red). Kebetulan dia kan pembina Yayasan Darma Wirawan,” ujarnya.(m18)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: