Sampah

Sampah :

Keuntungan Rp 5 juta sampai Rp 7 Juta

* Anton hidupi tujuh keluarga dari sampah plastic

Dengan cekatan Mulyadi memilah-milah puluhan njenis kemas sampah plastic yang menggunung di hadapannya. Tangan kidalnya yang mengayunkan sebilah parang pendek terlihat begitu lihai membelah setiap jenis kemasan minuman yang telah dipilah lali dilemparkan sekenaya ke tempat penyortiran di sekelilingnya.

Aktifitas tersebut tersebut dilakukan Mulyadi meski sedang melayani pertanyaan tirbun, Minggu (5/7). Mulyadi adalah satu dari tujuh pekerja pada usaha pengeolahan sampah plastic unit usaha Koperasi Mitra Usaha (KMU) Swarga Bara. Dari pekerjaan ini, Mulyadi mengaku mampu menghidupi seorang istri dan 2 orang anaknya dengan layak.

“Lumayan dari pekerjaan ini saya bisa hidup tenang,” katanya.

Setelah dirasa cukup banyak, sampah plastic yang disortir berdasrakan merk kemasan, diolah dengan mesin. Hasilnya berupa potongan-potongan kecil yang selanjutnya siap dipasarkan ke Surabaya.

H Anton RD pengelola KMU, tempat Mulyadi dan rekannya bekerja, mengungkapkan dalam sebulan dia bisa memproduksi 12 ton sampah plastic denganharga penjualan antara Rp 3.000 sampai Rp 9.000 per kilogram. Keuntungan didapatkan dari harga beli sampah plastic yang hanya seharga Rp 1.200 per kilogram dari pemulung di sangatta.

“Dari pemulung saya beli dengan Rp 1.200 kilogram setlah diolah dijual ke Surabaya dngan Rp 3.000 – RP 4.000 per kg. Keuntungan tidak besar karena sampah dari pemulung masih susut sekitar 30 persen,” ujar Anton.

Menariknya keuntungan yang didapatkan Anton dari usahanya, lebih banyak disisihkan untuk gaji karyawan. Dalam sebulan Anton mengaku hanya mendapatkan keuntungan sekitar Rp 5 juta-Rp 7 juta, semnetara untuk gaji ketujuk pekerjanya sebeesar Rp 7,5 juta.

Gaji tersebut dibagi tujuh berdasarkan kemampuan teknis yang dimiliki masing-masing pekerja.

Pengolahan sampah palstik beraal dari keingnya untuk membuka lapangna kerja bagi masyarakat kecil. Inspirasi didapatkan dari kesengan Anton memaca dan menonton berita.(don)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: