Kredit Rp 170 Triliun Ngendon di Bank

Balikpapan, Tribun – Gubernur Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah membantah penurunan BI rata yang pelan tapi pasti tidak akan diikuti kalangan Perbankan. “Bank tidak ragu-ragu untuk menurunkan suku bunga. Mereka hanya melihat tiga hal dalam menurunkan suku bunga. Pertama, dia punya jadwal untuk menurunkan suku bunganya. Kedua, bank akan melihat resiko yang terjadi pada waktu ia menyalurkan kreditnya dan yang ketiga bank juga harus memperhatikan sejauhmana margin yang ia peroleh dari usahanya,” ungkap Burhanuddin dalam jumpa pers yang digelar di Borneo Ballrom Hotel Novotel, Jumat (20/7).
Pernyataan tersebut dilontarkan Burhanuddin, menanggapi masalah belum adanya tanda-tanda dari kalangan Perbankan untuk menurunkan suku bunganya di pasaran. Tingginya suku bunga Perbankan tentunya berpengaruh pula pada pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kaltim dan tingkat nasional juga. Dan tahun ini pertumbuhan diharapkan mencapai angka 25 persen.
Permasalahan suku bunga merupakan permasalahan yang selalu mengemuka di tingkat UMKM. Tetapi suku bunga merupakan masalah kesekian dibandingkan permasalahan lain yang harus dihadapi UMKM.  “Kalau boleh menengok ke belakang, di era 90an, pertumbuhan ekonomi sangat tinggi. Berkisar antara 8 sampai 9 persen. Dan pertumbuhan kredit juga cukup tinggi. Padahal suku bunga Perbankan kala itu sekitar 20 persenan dan untuk kredit tentu jauh di atasnya. Sekarang suku bunga jauh di bawah itu,” ujar Burhanuddin.
Mengapa? “Ada sesuatu yang saat itu bisa menjalankan para UMKM untuk tumbuh pesat. Kepastian usaha. Sekarang, hal itu agak terkurangi,” kata Burhanuddin.
Buktinya, lanjut Burhanuddin,banyak sekali kredit yang telah disetujui pihak Perbankan tetapi dananya tidak ditarik oleh nasabah. Jumlahnya mencapai Rp 170 triliun. Itu menandakan bahwa saat ini nasabah sedang menunggu adanya kepastian usaha sebelum mengambil dananya ke Perbankan.(sar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: