170 dari 470 Koperasi Tak Aktif

Balikpapan, Tribun – Dari 470 koperasi yang beroperasi di Balikpapan hanya 300 koperasi yang masih bertahan melakukan kegiatan operasionalnya. Sisanya sebanyak 170 koperasi  tidak aktif memberikan pelayanan pada anggotanya. Beberapa koperasi itu terancam dibubarkan apabila selama masa pembinaan tidak menunjukkan perbaikan kinerja.
Kepala Seksi Koperasi Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi  (Disperindagkop) Kota Balikpapan Hudi  mengatakan, koperasi yang  mengalami mandek usaha itu didominasi  koperasi serba usaha. Beberapa hal yang memicu koperasi tak dapat menjalankan kegiatan operasionalnya.
“Kebanyakan koperasi bermasalah itu adalah koperasi umum yang anggotanya tidak mengembalikan pinjaman yang diterima dari koperasi. Ada juga masalah sumber daya manusia dari  segi pengetahuan perkoperasian. Ada juga yang tidak rapat anggota tahunan,” kata Hudi saat ditemui di Kantor Pemkot Balikpapan, Sabtu (21/7).
Dijelaskan, jenis usaha koperasi yang terjerat masalah kredit yang tidak dikembalikan anggotanya itu mencakup sektor usaha yang bergerak pada simpan pinjam dan serba usaha. PIhak Diserpindagkop Balikpapan kini turun tangan menangani koperasi yang tak aktif kegiatan operasionalnya itu melalui pembinaan pada pengurus koperasi. Ada tenggang waktu tertentu bagi pengurus koperasi untuk membenahi kinerja usaha tersebut khususnya pada rapat anggota tahunan.
“Kalau tiga kali tidak diadakan rapat, pemerintah bisa usulkan untuk dibubarkan. Tapi  yang memutuskan pembubaran  dari keinginan anggotanya,” terangnya.
Sejak Januari hingga Juli 2007, Disperindagkop Kota Balikpapan telah menggelar tiga kali pembinaan berupa pendidikan dan latihan, temu usaha dan magang pada pengurus koperasi yang dananya dibiayai dari APBD Balikpapan dan APBN. Pembinaan itu diarahkan untuk pengembangan wirausaha, dan pengelolaan koperasi.(rid)

Data Koperasi di Balikpapan
Jumlah Koperasi : 470
Koperasi aktif  : 300
Koperasi  tidak aktif : 170.(rid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: