Harapan Hidup Penyandang Obesitas Lebih Pendek 14 tahun

Balikpapan, Tribun – Dari kajian ilmu kedokteran modern akhir-akhir ini terungkap harapan hidup mereka yang mengalami  kegemukan atau obesitas memiliki  harapan hidup lebih rendah dibandingkan  rata-rata orang yang berat  badannya normal. Penyandang obesitas  lebih rentan terserang penyakit dan memiliki harapan hidup lebih pendek 14 tahun daripada peluang harapan hidup orang lain yang kondisi berat badannya seimbang. Hal ini dikemukakan dokter spesialisi Farmakologi Klinis dari perhimpunan Dokter Praktisi Awet Sehat Indonesia (Perpasti)  Dr Freddy Wilmana MFPM SpFk saat ditemui usai simposium Anti -Aging dan Obesitas di Hotel Novotel Balikpapan Mingu (11/3)
“Obesitas menimbulkan komplikasi bisa kena diabetes, tekanan darah tinggi, bisa penyakit jantung, stroke jadi kemungkinan dan chance dapat penyakit jauh lebih besar. Nah merokok itu kan banyak oksidan jadi lebih memberat  Keadaan yang mempercepat penyakit  stroke” katanya.
Komplikasi penyakit yang timbul dari merokok  dan kegemukan itulah yang berdasarkan kajian survey dan penelitian medis membawa pengaruih berkurangnya lama harapan hidup. kalau rata-rata usia harapan hidup manusia Indonesia mecnapai 70 tahun, maka peluang harapan hidup penyandang kegemukan apalagi disertai kebiasan merokok lebih pendek 14 tahun.
Menurutnya, masalah kegemukan itu sebenarnya lebih mudah ditangani dalam era moden sekarang ini. Apalagi sejak kemajuan ilmu pengetahan kedokteran yang semakin berkembang menimbulkan penanganan masalah obesitas dapat ditangani secara medis maupun non-medis. Diantaranya sekian banyak terapi obesitas, penanggulangan kegemukan yang paling murah adalah diet dan olahraga, kurangi kebiasaan merokok dan terapkan gaya hidup sehat.
DDiet dilakukan melalui konsumsi seimbang antara kebutuhan karbohidrat dan lemak. . Lebih direkomendasikan lagi kalau penurunan berat badan itu disertai konsumsi teh hijau dan tanaman alami lain serta memakan makanan yang mengandung vitamin C dan E. Berdasarkan kajian penelitian zat-zat yang terkandung didalamnya mengandung anti oksidant yang baik untuk mengurangi penimbunan lemak.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: