Potensi Gempa di Bagian Utara Kalimantan Timur

Ronny Wattimena : patahan Palukora status waspada

Balikpapan, Tribun – Badan Meteorologi dan Geofisika Kota Balikpapan (BMG) saat ini tengah meningkatkan pemantauan terhadap potensi gempa dan tanah longsor yang berada di bagian utara Kalimantan Timur. Hal itu  terkait potensi gempa akibat gerakan  patahan palukoro yang berpusat di laut Palu. Beberapa wilayah terancam terkena imbas dari potensi goncangan palukoro meliputi tanjung selor, ranjung redeb.
Kepala Stasiun Geofisika Kota Balikpapan Ronny Wattimena mengatakan, gempa dan tanah longsor yang timbul dari goncangan patahan palukoro pernah terjadi pada tahun  1976 dan 1977. Goncangan patahan yang berpusat di kawasan laut palu itu  berkekuatan 3-4 MM atau sekitar 5 skala richter.
“Kami prediksi patahan palukoro itu mulai aktif lagi. Tanda-tandanya  terdeteksi sejak Maret 2007. Gerakan patahan itu bisa horizontal atau vertikal. Yang berbahaya  ketika muncul pergerakan patahan vertikal,” jelasnya, Kamis (19/7).
Goncangan patahan palukoro secara vertikal yang disertai gempa diatas 6 skala richter dengan kedalaman pusat gempa 70 meter di bawah permukaan laut memungkinan tsunami. “Yang mengakibatkan tsunami adalah gempa bumi tektonik di dasar laut, Gunung api dan tanah longsor,” ulasnya.
Yang paling dicermati dari patahan palukoro pada wilayah Tanjung Redeb, Tanjugn Selor dan sekitarnya adalah tanah longsor dan terjangan ombak yang menimbulkan banjir besar. Ketika gelombang pasang terjangan ombak dapat menggenani perumahan penduduk dan menghancurkan infrastruktur bangunan milik masyarakat. “Patahan palukoro itu sekarang memasuki status waspada,” terangnya.
Di Ambon peristiwa gempa yang timbul dari patahan palung semacam itu mengakibatkan rumah runtuh dan merusakan harta benda milik masyarakat.
Ronny Wattimena meyakini kembali aktifnya potensi goncangan pada patahan Palukoro itu antara lain dipicu percobaan senjata nuklir yang dilakukan negara Asia. Goncangan akibat percobaan senjata nuklir itu menimbulkan pergeseran permukaan dasar laut yang membuat posisi palung dan patahan dasar laut bergejolak.
Bahaya gempa disusul aktifnya palukoro itu kini sedang diintensifkan pengawasan oleh BMG Kota Balikpapan antara lain pemasangan Tsunami Warning System yang akan dipasang padsa tahun ini. Alat tersebut merupakan bantuan dari pemrintah pusat  yang difasilitasi pemerintah daerah.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: