Siapkan Tiga Penyelidik Per Kasus

Balikpapan, Tribun – Komisi Pengawas  Persaingan Usaha (KPPU) bersiap-bersiap membentuk  tim investigasi  beranggotakan tiga penyelidik apabila  dari berbagai laporan persaingan usaha tak sehat terindikasi kuat melanggar UU nomor 5/1999. Penurun tim penhyelidikan itu dilakukan saat kasus itu layak ditindaklanjuti kedalam proses  penyelidikan. Penyelidikan indikasi persaingan usaha tidak sehat itu dilakukan setelah data-data pendukung lain yang dihimpun dari  klarifikasi dan evaluasi laporan dinyatakan layak ditindaklanjuti. Demikian dikemukakan Kepala  Komisi Pengawas Persaingan Usaha Perwakilan Daerah Balikpapan Helli Nurcahyo saat ditemui di Kantor KPPU Balikpapan Kamis (8/3).
“Untuk dugaan kuat persaingan usaha  tidak sehat kami rekomendasikan untuk pemeriksaan pendahuluan. Tiap kasus ditangani tim beranggotakan tiga penyelidik. Penyelidikan baru dilaksanakan setelah kasus itu memasuhi tahap penyelidikan. Sekarang ini kasus masuk   tahap klarifikasi dan evaluasi” katanya.
Helli Nurcahyo menyatakan tidak menutup kemungkinan semua kasus yang masuk itu masuk tahap penyelidikan terutama kasus-kasus yang terindikasi kuat menyangkut persaingan usaha tak sehat.
Selama tahun 2006 terdapat 10 laporan yang diterima KPPU.  Sampai Bulan Februari 2007 laporan kasus bertambah 4 kasus sehingga totalnya 14 kasus
4 Laporan Persaingan Usaha tak Sehat selama tahun 2007 menyangkut dua kasus tender Pertamina UP V, kasus export ternak Labi-labi, dan satu kasus bisnis catering dan room service di PT Vico Indonesia. Sebagian kasus ini sudha masuk tahap klarifikasi evaluasi. Sisanya dalam proses evaluasi data.
Undang-Undang Nomor 5 tahun 1999 pasal  47 dan 48 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat mengatur sanksi bagi pelaku usaha yang terbukti UU itu. Berupa  sanksi administratif  dan pidana kurungan. Sanksi administrasi berupa denda setinggi-tingginya  Rp 25 miliar atau pidana kurungan pengganti denda selama-lamanya 6 bulan.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: