Rumput Fatimah Perlancar Kontraksi Kandungan

Balikpapan, Tribun – Kesulitan  melahirkan sering dialami ibu hamil yang tengah menjalani proses persalinan. Hal itu lah yang membuat banyak wanita hamil menempuh jalan caesar untuk memperlancar persalinan. Padahal kelancaran proses persalinan itu dapat ditempuh dengan  cukup istirahat dan perbanyak makan vitamin.
Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (Perinasia) Dr Trijatmo Rachimhadhi SpOG mengatakan, banyak faktor yang mempersulit ibu hamil melahirkan anak. Antara lain stamina fisik Ibu hamil yang tidak memungkinkan kontraksi kandungan ketika melahirkan anak. Hambatan persalinan lain juga dipicu oleh posisi kandungan sunsang dimana posisi bayi  melintang yang menyulitkan persalinan.
“Banyak faktor yang memperlancar persalinan antara lain berat kandungan dan kebugaran ibu. Secara umum vitamin dan banyak istirahat meningkatkan kondisi kesehatan dan kebugaran ibu. Sehingga lebih segar. Posisi bayi dan besar bayi lahir  menentukan  kelancaran bayi,” ujarnya saat ditemui pada pelatihan resusitasi neonatus di AUla Sakura Rumah Sakit Umum Dr Kanujoso Djatiwibowo, Minggu (22/7).
Kecukupan vitamin itu didapatkan dari mengkonsumsi obat bervitamin dan memakan makanan nutrisi tinggi.  Berbagai jenis makanan memiliki kandungan vitamin A,B,C,D dan mineral lain merupakan zat yang dibutuhkan tubuh khususnya Ibu hamil menjelang melahirkan. Vitamin itu membantu fungsi organ tubuh menjadi lebih sehat dan fit.
Kandungan gizi dalam tubuh ibu hamil akan mempercepat kontraksi otot kandungan. Dorongan rahim waktu mengeluarkan bayi menentukan kelancaran proses persalinan. Semakin bugar stamina ibu hamil akan membawa pada fungsi organ tubuh yang optimal yang berpengaruh pada waktu yang dibutuhkan saat melahirkan.
Seiring perkembangan ramuan obat-obatan, lanjut Trijatmo, ada beberapa obat yang diyakini memperlancar proses kontraksi kandungan ketika kelahiran.
“Salah satunya diantaranya Rumput Fatima dari Arab. Rumput atau akar fatima kalau orang mau melahirkan di celup ke air dan diminum itu bisa membantu. Intinya ada zat yang membantu mulesnya. (persalinan-red)” ujarnya.
Pemeriksaan kehamilan dengan berkonsultasi pada dokter turut membantu kelancaran persalinan. Dari konsultasi secara berkala selama masa kehamilan akan diketahui kondisi janin dalam kandungan dan persiapan yang perlu dilakukan ibu hamil menjelang melahirkan. Supaya ibu hamil dan anak yang dikandungnya dapat lahir sehat dan normal.(rid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: