60 Guru Disekolahkan Ke Makassar dan Malang

Balikpapan, Tribun – Enam puluh guru SD-SMA yang mengikuti program kualifikasi akan dikuliahkan ke Perguruan Tinggi (PT) di Malang dan Makassar. Mereka tidak dikuliahkan di Universitas Mulawarman (Unmul) karena di universitas ini tidak terdapat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan teknik. Demikian diutarakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Balikpapan Asranuddinsyah, ketika ditemui usai melakukan pertemuan dengan perwakilan guru dan Dewan Pendidikan Kota (DPK) Balikpapan di Ruang Rapat 1 Kantor Walikota Balikpapan, Jumat (27/7).

“Kegiatan ini dalam rangka peningkatan profesialisme guru. Kalau mereka lulus S1 kan bisa diikutkan program Sertifikasi. Lalu, kenapa mereka kuliah di Malang dan Makassar ? tidak seperti rekan lainya di Unmul. Karena di kedua kota ini terdapat FKIP jurusan teknik, sesuai dengan jurusan guru-guru tersebut,” kata Asranuddin. Ia melanjutkan, guru-guru yang berangkat ini, adalah mereka yang mempunyai gelar Diploma 3 dan ingin melanjutkan ke Strata 1.

Ketika ditanya mengenai waktu keberangkatan, Asranuddin tidak dapat mengatakan secara pasti. Namun, menurutnya, guru-guru ini harus tiba di sana sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, yakni sebelum September. Walaupun kuliah diluar, guru-guru ini juga tidak dibebankan biaya tambahan. “Tidak ada biaya apa pun yang ditanggung mereka. Semua biaya kuliah, buku, makan dan penginapan selama kuliah di tanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan,” ucapnya. Ia menegaskan akan melakukan evaluasi jika nilai akademis guru-guru tersebut rendah atau mengalami hambatan akademis lainnya. “Sanksi ?, nanti kita evaluasi dulu lah kalau nilai mereka kurang,” katanya menjawab pertanyaan apakah perlu pemberian sanksi atau pemutusan kontrak kepada guru yang nilai akademisnya rendah.

Sementara itu, Ketua DPK Subiyanto menyambut baik program BKD. “Program ini harus dijalankan karena tuntunan konstitusi tentang Guru dan Dosen. Guru harus profesional, ini adalah tantangan yang harus diwujudkan bagi guru-guru di Balikpapan. Paling tidak, standar kualifikasi yakni harus dipenuhi,” ucapnya.(m18)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: