Badan Amil Zakat Kaltim

> Hingga April 2007, BAZ Kaltim Telah Menyalurkan Rp 375 juta
> Optimis Kumpulkan Rp 1 Milyar saat Ramadhan
Balikpapan, Tribun – Badan Amil Zakat Derah (BAZDA) Kalimantan Timur (Kaltim) hingga April 2007 telah menyalurkan bantuan sekitar Rp 375 juta dari sekitar Rp 940 juta yang diterimanya. Dana itu diberikan kepada fakir miskin, rumah ibadah, mualaf, Ibnu Sabil, korban kebakaran, pengobatan, kegiatan organisasi dan lainnya.

“Kami memberikan bantuan itu kepada masyarakat yang masuk kriteria BAZ. Kami berusaha, agar dana yang kami kumpulkan dari masyarakat disalurkan kepada mereka yang memang membutuhkan,” kata staf Pendayagunaan BAZDA Kaltim Mursyid kepada Tribun di sela-sela Rapat Koordinasi BAZ se-Kaltim di aula Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Sabtu (28/7).

Ia menjelaskan untuk mencegah kebocoran, BAZ selalu melakukan audit internal yang dilakukan oleh Badan Pengawas. Selain itu, mereka juga selalu mempublikasikan dana yang mereka terima dan yang disalurkan dalam buletin bulanan. Bahkan, buletin ini sering diedarkan dipersimpangan lampu merah agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkannya. Harapannya, masyarakat dapat berperan serta dalam memonitor penggunaan yang ada dikelola  BAZDA. “Kami selalu terbuka kepada masyarakat. Siapa pun yang datang ke kantor kami dan menanyakan ke mana  mereka disalurkan, pasti kami beritahu. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk selalu menjaga kepercayaan dari masyarakat,” ucapnya.

Mursyid juga menjelaskan, bahwa setiap tahunnya Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang mereka kumpulkan selalu meningkat. Tahun 2006, ZIS yang mereka kumpulkan mengalami peningkatan hingga 67,5 % daripada tahun 2005. Tahun 2006 terkumpul sekitar Rp 1,6 milyar, sedangkan tahun 2005 hanya Rp 1 milyar. “Peningkatan ini terjadi karena kita adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk membayar ZIS dan strategi yang kami terapkan, yakni jemput bola dengan mendatangi rumah- rumah yang kami anggap memiliki potensi membayar ZIS” ujapnya.

Untuk tahun ini, Mursid optimis akan terjadi kenaikkan, apalagi saat Ramadhan diperkirakan sekitar Rp 1 milyar dapat dikumpulkan. “Badan ini kan bukan seperti perusahaan yang mempunyai target tertentu. Kami tak punya target tertentu. Tapi kami yakin, tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ujarnya. (m18)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: