Pelabuhan Semayang Akan Terapkan Single Window

Balikpapan, Tribun -Pelabuhan Semayang Balikpapan sebantar lagi akan menerapkan sistem Nasional Single Windows (NSW). NSW merupakan sistem elektronik yang mampu melayani pengajuan dan pengolahan data serta informasi, pengambilan keputusan kepelabuhanan, kebandarudaraan dan kepabeanan secara terpadu. Sehingga dengan penerapan sistem baru tersebut, maka kecepatan pelayanan dan efisiensi. Demikian disampaikan Humas PT Pelindo Balikpapan Armin Alwi, sehari setelah menerima tim monitoring dari Dirjen Hubla, Jumat (8/7).

Dasar hukum pembentukan NSW tersebut sesuai Keppres No 24 tahun 2005 tentang tim koordinasi peningkatan kelancaran arus barang ekspor dan impor. Sehingga dengan penerapam sistem informasi baru tersebut, pelayanan di pelabuhan Semayang Balikpapan bersama pelabuhan lain di Indonesia bisa diaskes langsung oleh pelabuhan di seluruh wilayah Asean. “Saat ini pelabuhan di Indoneisa yang sudah uji coba sistem NSW adalah Batam. Sedangkan di Semayang tergetnya pada 2008 sudah harus selesai dan diterapkan,” kata Armin.

Dengan diterpakannya sistem Single Windows ini, maka berbagai cara manual seperti pantauan terhadap kapal-kapal asing yang masuk dari luar negeri, isi muatan dan volumenya dapat diakses dengan mudah, baik oleh PT Pelindo, Bea Cukai maupun kantor Administrator pelabuhan.

Sementara itu, tim yang melakukan monitoring langsung ke PT Pelindo Balikpapan adalah Kasi Pertambangan, Pariwisata dan TKBM Simson Sinaga dan Staf Subbid Angkutan Laut Luar Negeri Een Nuraini dari Departemen Perhubungan Pusat. “Kedatangan kami kesini saat ini masih dalam rangka pendataan perangkat-perangkat yang dimiliki pelabuhan Semayang, dan memantau sejauh mana peralatan yang ada disini. “Jika ini sudah bisa dipalikasikan, nanti manfaatnya akan dirasakan pemerintah, regulator, operator dan pengguna jasa pelabuhan sendiri,” kata Simson.

Menurut Simson, seluruh proses kegiatan yang terkait dengan lalu lintas barang impor dan ekspor dari dan ke Indonesia dapat dilakukan atau diselesaikan hanya melalui single portal, yang dapat diaskes melalui internet di lokasi masing-masing. Sehingga seluruh sistem pelayanan di semua instansi dan institusi yang terkait dengan barang eksport import, akan terintegrasi menjadi satu sistem terpadu.(joi)

Manfaat Single Windows :
-Mempercepat kelancaran arus barang dan dokumen.
-Meningkatkan daya saing produk di pasar Internasional
-Mengurangi birokrasi dalam pengurusan perizinan ekspor, impor dan kepabeaan.
-Meningkatkan transparasi untuk menghilangkan penyalahgunaan wewenang.
-Meningkatkan informasi publik mengenai kebijakan ekspor dan import
-Mencegah under invoicer dan menciptakan measurable cost.
-Mengurangi adanya penyelundupan.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: