Pelindo Tambah Kapasitas Peti Kemas

*Akan Pindahkan Gudang ke Kampung Baru

Balikpapan, Tribun -PT Pelindo Pelabuhan IV Balikpapan berencana menambah kapastias terminal penumpukan petikemas, di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Penambahan kapasitas itu dilakukan karena, sampai saat ini, kapasitas penumpukan terminal peti kemas di pelabuhan itu hanya 1000 teus atau kontainer. Demikian dikatakan Humas PT Pelindo Balikpapan Armin Alwi, Kamis (5/7). Area baru yang akan dijadikan tempat penumpukan itu adalah gudang Maintenance Service Garage (MSG), yang berada tepat di samping pintu II pelabuhan Semayang.

Menurut Alwi, rencana penambahan kapasitas peti kemas itu sudah mendapat persetujuan dari direksi PT Pelindo IV. Persetujuan itu dikeluarkan sebulan setelah Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pelabuhan IV, Ir Max Lumempa meninjau langsung kepadatan aktifitas bongkar muat di Semayang, yang total luasnya 11.000 meter persegi. “Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan, PT Pelindo akan membongkar gudang untuk menambah kapasitas penumpukan peti kemas. Karena kondisi terminal peti kemas saat ini sudah terlalu sempit,” kata Alwi.

Selama ini, lanjut Alwi, gudang MSG diajadikan tempat untuk menyimpan BBM, spare part dan juga semen. Saat ini sudah memasuki tahap pemindahan. Rencananya, dalam bulan ini gudang itu akan dibongkar dan diratakan tanah. Dengan demikian, kapasitas lahan penumpukan peti kemas konvensional ini akan bertambah 150 teus, dari 1000 teus yang sudah ada sebelumnya. Penambahan ini juga karena pertumbuhan terminal peti kemas yang selalu meningkat pertahunnya, yakni berkisar 6 persen. “Per tahunnya jumlah bongkar muat peti kemas di pelabuhan ini sekitar 60.000 teus, atau sekitar 5.000 teus perbulannya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk memperluas are penumpukan peti kemas, PT Pelindo juga akan membangun terminal baru di yang terletak dekat pulau Tukong, samping Pelabuhan Semayang. Lahan kosong seluas 4.500 meter persegi itu rencananya mampu menampung 350 kontainer, termasuk batu bara karungan.
Meski akan dioperasikan mulai tahun 2009 mendatang, tahun ini sudah mulai dilakukan tahap pengerukan, rencananya tahun depan akan dilakukan pengerasan lahan.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: