Perayaan Waisak Diramaikan Pentas Seni

Balikpapan, Tribun -Perayaan Dharmasanti Wasiak 2551 di Maha Vihara Budha Manggala berlangsung cukup meriah, Sabtu (2/6). Acara yang dimulai pukul 18.00 Wita itu diadawali dengan ritual puja bakti yang dipimpin Romo Pandita Sugiyo. Ratusan umat budha yang terdiri dari kaum laki-laki dan perempuan duduk bersila di pelataran candi yang disediakan. Mereka nampak kusuk sekali berdoa dan mengikuti pembacaan parita yang dilantunkan oleh pemimpin ritual.

Selain meditasi, acara ritual itu juga diselingi dengan penyiraman air suci kepada umat budha. Kemudian acara dilanjutkan dengan pentas seni yang menghadirkan tari-tarian dari berbagai budaya daerah. Anak-anak sekolah minggu menampilkan tari kreasi yang menggambarkan keragaman agama budha. Kemudian disusul tarian dayak dan tarian Bali yang dipersembahkan oleh kantor Pariwisata Balikpapan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Maha Vihara Budha Manggala Bhikku Subhapannyo Thera memberikan buku kepada Walikota Balikpapan Imdaad Hamid. “Semoga suasana penuh kerukunan seperti ini dapat tetap terjaga tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun,” kata Imdaad dalam sambutannya. Atas nama pemerintah Kota Balikpapan, Imdaad juga menyatakan terima kasih atas diselenggarakannya acara tersebut. Acara yang diadakan di Vihara yang terletak di Jl MT Haryono itu turut dihadiri beberapa undangan seperti para ekspatriat dan anggota Forum Komunikasi Antar Umat Beragama Balikpapan.

Sebelumnya, Jumat (1/6) di area seluas 2,5 ha itu digelar puja waisak 2551 dengan melepaskan sebanyak 51 ekor burung ke alam bebas. Seperti yang diberitakan seblumnya, tema waisak tahun ini adalah Kehadiran Budha sebagai Sumber Ketegaran dan Kepedulian.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: