Pernah Diterjang Badai Ekor Taipon

*Danlanal Baru Balikpapan Letkol Laut (P) Ahmadi Heri Purwono

SOSOK Danlanal Balikpapan Letkol Laut (P) Ahmadi Heri Purwono dikenal cukup ramah di lingkungan maritim Balikpapan. Pengganti Kolonel Laut (P) Suselo, baru sekitar satu bulan menjabat  Komandan Lanal Balikpapan. Sebagai seorang pelaut yang pernah membawahi berbagai jenis kapal perang, ternyata Heri memiliki segudang pengalaman menarik ketika berda di lauatan. Salah satu diantara pengalaman itu adalah ketika ia dan ke-80 anak buahnya diterjang ekor badai taipon, saat perjalanan dari Manado menuju Surabaya.

Peristiwa yang terjadi pada tahun 1999 itu kontan membuat seisi  kapal dan awaknya kocar-kacir. KRI Soputan yang ditumpanginya saat itu baru menjalankan tugas di Ambon. Namun pada saat singgah di Manado dan akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya, kapalnya diterjang ekor badai taipon, yang saat itu menuju Philipina. “Saya tidak bisa apa-apa karena seluruh anak buah saya sudah pada teler, dan muntah-muntah,” kata Heri sambil mengenang. Pada peristiwa itu Heri hanya bisa pasrah dan berdoa meminta perlindungan sang pencipta.

“Saat itu saya berada di dek belakang kapal, berdzikir dab berdoa, ya Alllah bila saya punya salah, saya mohon hukumlah saya tapi jangan anak buah saya,” ujar pria kelahiran Semarang Jawa Tengah ini. Sepenggal cerita itulah rupanya tidak bisa dia dilupakan hingga kini. Namun kini Heri memiliki tugas baru, yakni menjaga perairan Balikpapan dan sekitarnya, dengan bermarkas tidak di dek kapal lagi yang selalu bergoyang terkena ombak, melainkan di Lanal Balikpapan.

Sebagai pendatang baru dalam kancah Muspida Balikpapan, sosok Heri tidak seserem satuannya.   Namun sebaliknya, lulusan Akademi AL tahun 1988 ini ternyata dikenal cukup familier dan ramah. Keramahannya itu ditunjukkan saat ia menggelar minum kopi bersama instansi maritim di kompleks Lanal Balikpapan, Kamis (28/6). Dalam kesempatan itu Heri mengajak seluruh undangan untuk latihan menembak bersama di lapangan Lanal. Sehingga even itu menjadi saat yang paling mengesankan bagi para undangan, karena jarang sekali dilakukan di institusi militer lain.

Sebagai komandan yang bertugas memberi dukungan kapal-kapal perang, yang beroperasi di Ambalat dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki) II, Heri dan jajarannya akan berupaya proaktif dalam menegakkan hukum di laut wilayah Balikpapan, yang luasnya dari Tanjung Aru, Paser hingga Tanjung Santan dan Selat Makassar. “Kemampuan kapal-kapal kami di Lanal ini hanya sampai wilayah itu, tetapi sebenarnya tanggung jawab kami seluruh perairan Indonesia,” kata alumni Akademi AL tahun 1988 ini.

Untuk mengamankan peraiaran Balikpapan, Heri akan selalu bekerjasama dengan seluruh instansi maritim untuk melakukan patroli bersama. Ia juga berharap adanya dukungan informasi dari semua pihak, mengenai segala bentuk kegiatan ilegal di laut. “Kalau ada informasi kegiatan ilegal di laut, silahkan hubungi kami,” ujarnya. Tugas lain yang diemban Lanal Balikpapan adalah membina potensi kekuatan nasional maritim, dan bersinergi dengan masyarakat nelayan, terutama menyangkut keluhan  para nelayan di laut. “Kita sosialisasi kepada masyarakat nelayan tentang cara menangkap ikan yang baik dan benar,” ujarnya.(joi)

Nama Lengkap : Ahmadi Heri Purwono
Pangkat     : Letkol Laut (P)
Jabatan     : Danlanal Balikpapan
TTL        : Semarang, 28 Oktober 1965
Nama Istri     : Dwi Astuti Rahayu
Anak         : -Rendy (13)
-Shandy (9)
Pendidikan terakhir    : Sesko AL
Pengalaman Penugasan :-Komandan KRI Soputan
-Komandan KRI Sura
-Komandan KRI Singa
-Komandan KRI Badik
-Pabanrem SOPS Armatim
-Komandan Lanal Balikpapan(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: