*Tarif dari 100 USD Hingga 200 USD per Malam

Melihat Samboja Lodge BOS

BILA kita mengunjungi kawasan konservasi satwa Borneo Orangutan Survival (BOS), pasti kita akan menemukan sebuah penginapan yang sangat rindang dan asri. Lokasi Samboja Lodge BOS masuk kira-kira 7 km dari Jl Balikpapan-Handil Km 44 Kelurahan Margomulyo Samboja, Kutai Kartanegara. Di area konservasi yang luasnya sekitar 1850 ha, berdiri bangunan tinggi yang di dalamnya memiliki 26 ruangan.
Karena lokasinya berada di area konservasi, pengelola BOS sengaja mendesian bangunan ini sangat natural, ditambah lagi ornamen-ornamen dari kayu dan taman yang sangat sejuk dipandang. Bagian atap bangunan berbentuk huruf T ini juga dilapisi ijuk yang membuat suasana semakin dingin. Belum lagi suara percikan air mancur, yang berada di halam depan pintu masuk menuju lodge ini, seolah-olah membuat kita berada di daerah aliran sungai kecil. Suasana alami juga terlihat jelas di bagian receptionist Samboja Lodge. Selain meja dan barang perabotannya terbuat dari kayu, bagian tembok dua area receptionist ini disusun dari batu-batuan, menyerupai dinding bangunan kuno. Seleuruh ruangan bangunan penginapan ini menghadap ke dua arah, yakni hutan rimbun hasil rehabilitasi BOS sejak berdiri 2000 lalu.
Berbagai perabotan di dalamnya pun juga terbuat dari sampah kayu, seperti kursi dan meja makan di resort, serta hiasan-hiasan didinding lainnya. Dari 26 ruangan, sebanyak 22 ruangan standart dengan tarif permalam 100 USD. Dua rungan lain yang berada di paling ujung bangunan, yakni Queen Sweet Room bertarif 150 USD. Sedangkan dua rungan lagi yang berada di menara paling atas bangunan itu, yakni Tower Sweet Room tarifnya 200 USD.
Menurut Manager Samboja Lodge BOS Rafaella Commitante, penginapan itu sengaja dibangun untuk memeprsiapkan BOS apabila suatu saat nanti yayasan ini harus berdiri sendiri, tanpa bantuan donatur dari pihak asing.
Selain untuk umum, Samboja Lodge juga biasa ditempati para ekspatriat atau sukarelawan asing yang melakukan penelitian di tempat itu. “Setengah dari pemasukan lodge ini digunakan untuk opersional penginapan ini, dan setengahnya lagi untuk program BOS,” kata Rafaella. Menurut wanita asal Italia ini, Samboja Lodge BOS sudah berdiri sejak awal Januari 2007 lalu, namun pendiriannya saat ini tinggal menunggu ijin dari pemerintanh Kukar.
Seorang wanita asal Amerika Serikat Brooke Duling, yang sedang melakukan penelitian di tempat itu mengatakan, bahwa penginapan itu merupakan tempat hunian yang sangat menarik dan alami. “Pemandangannya cukup menarik. Ini baru pertama kali saya menemukan penginapan di tengah hutan seperti ini,” kata Brooke.(joi)
Daftar Ruang :
-Tower Sweet Room    200 USD
-Queen Sweet Room     150 USD
-Standart Room     100 USD(joi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: