Baru 27 PerusahaanBeri Jamsostek

Balikpapan, Tribun – Dari puluhan perusahaan perkebunan maupun kontraktor support-nya di wilayah Balikpapan dan sekitarnya, ternyata baru 27 perusahaan yang mengikutsertakan pekerjanya dalam Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Jamsostek Cabang Balikpapan Dedy Subadri di sela- sela kegiatan Sosialisasi model usaha tani kemitraan, pemantapan revitalisasi perkebunan dan Jamsostek yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim dan Kanwil VII PT Jamsostek (Persero) Kalimantan di Hotel Benakutai, Selasa (31/7). “Saat ini baru sekitar 27 perusahaan perkebunan dengan jumlah pekerja sekitar 5.

000-an yang mengikutsertakan pekerjanya dalam Jamsostek. Itupun baru pekerja lingkup perusahaan besarnya saja. Padahal banyak perusahaan kontraktor support yang bekerja dalam lingkup usaha perkebunan, seperti kontraktor penebang, pembersihan lahan, serta tenaga-tenaga kerja kontrak lainnya yang bekerja dalam batas watu tertentu.

Menurut saya mereka harus diikutsertakan pula dalam Jamsostek,” ungkap Dedy. Mereka, kata Dedy sangat membutuhkan perlindungan sosial. Bagaimana kelanjutan hidup keluarga mereka jika suatu saat terjadi kecelakaan atau kematian.

Siapa yang bertanggung jawab. “Kami sudah sosialisasi ke beberapa kontak tani agar mereka juga mendapatkan Jamsostek dari perusahaan tempatnya bekerja. Dan sosialisasi ini akan kami jalankan terus,” ujar Dedy.

Dedy mengatakan Jamsostek tak hanya bermanfaat bagi pekerja saja, tetapi juga bagi perusahaan. Bagi pengusaha, terciptanya rasa akam dan ketenangan kerja yang akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain ada pengalihan tanggung jawab pengusaha atas kewajiban memberi perlindungan bagi pekerjanya pada Jamsostek dan adanya kepastian anggaran pembiayaan.

Sedangkan bagi pekerja, ada kepastian jaminan berupa penggantian biaya atau santunan atas penghasilan yang hilang atau berkurang bila terjadi kecelakaan kerja, cacat, sakit, hamil, bersalin, hari tua hingga meninggal. (sar) .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: